RSUD Waled Teken Kerja Sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad, Kembangkan Pendidikan Dokter Spesialis Kebidanan

RSUD Waled Teken Kerja Sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad, Kembangkan Pendidikan Dokter Spesialis Kebidanan

KERJA SAMA: Penandatanganan MoU antara RSUD Waled dengan FK Unpad dalam program pendidikan dokter spesialis kebidanan dan kandungan dalam skema academic health system (AHS), kemarin.-istimewa-radarcirebon.com

RSUD Waled Teken Kerja Sama dengan Fakultas Kedokteran Unpad, Kembangkan Pendidikan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Berbasis AHS

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Salah satu penentu mutu pelayanan kesehatan adalah tersedianya sumber daya manusia kesehatan khususnya dokter spesialis. Saat ini, kebutuhan akan tenaga dokter spesialis di Indonesia masih cukup tinggi, sementara produksi dokter spesialis dari Fakultas Kedokteran masih cukup rendah karena daya tampung peserta didik yang terbatas.

Sehingga, perlu dicari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Program Academic Health System (AHS) merupakan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Demikian disampaikan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) Prof DR Dr Yudi Mulyana Hidayat, SpOG Subsp Onkogin, dalam sambutannya dalam penandatanganan MoU antara RSUD Waled dengan FK Unpad.

Dijelaskannya, program pendidikan dokter spesialis berbasis AHS saat ini difokuskan pada Program Studi Spesialis Kebidanan dan Penyakit Kandungan (Obsgyn), dan selanjutnya akan dikembangkan pada program pendidikan dokter spesialis lainnya.

BACA JUGA:Profil Agus Mulyadi Calon Pj Walikota Cirebon Akan Dilantik Sore Ini, Menjabat Sekda saat Bencana Covid-19

BACA JUGA:Peduli Lingkungan, Karang Taruna Tegalsari Tanam Pohon Bersama PT Indowooyang

“Program AHS ini bekerjasama dengan 4 RSUD di Jawa Barat yang memiliki kualifikasi sebagai RS Pendidikan Utama, yaitu RSUD Waled Kabupaten Cirebon, RSUD Al Ikhsan Provinsi Jawa Barat, RSUD Cibabat Cimahi dan RSUD Dr Slamet Garut,” ungkapnya.

Penandatanganan MoU dihadiri oleh Dekan FK Unpad, Wakil Dekan, para guru besar di lingkungan FK Unpad, Dekan FK UGJ, Ketua Dewas RSUD Waled sekaligus Sekda Kabupaten Cirebon DR Hilmy Rivai MPd, Ketua Komkordik RSUD Waled-FK UGJ, Wadir Yandik RSUD Waled dan direktur dari empat RSUD yang ditunjuk.

Dewan Pengawas RSUD Waled sekaligus Sekda Kabupaten Cirebon Dr Hilmy Rivai MPd mengatakan, Pemerintah Kabupaten Cirebon sangat mendukung kerja sama antara RSUD Waled dan FK Unpad karena akan sangat bermanfaat dalam menjawab kebutuhan negara akan kecukupan SDM dokter spesialis yang belum dapat dipenuhi melalui pola pendidikan saat ini.

Dijelaskan Hilmy, bentuk kerja sama pentahelix ini akan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan, khususnya dalam skema ini adalah pada pemenuhan SDM kesehatan.

BACA JUGA:Bupati : Menara Masjid Agung Kado Terindah di Akhir Masa Jabatan

BACA JUGA:Agus Mulyadi DIlantik Sore Ini Jadi Penjabat Walikota Cirebon

Selain itu, Hilmy juga berharap, agar kerja sama ini juga dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan SDM spesialis khususnya di Kabupaten Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: