Dinsos Kabupaten Cirebon Sebar Alat Bantu Penyandang Disabilitas

Dinsos Kabupaten Cirebon Sebar Alat Bantu Penyandang Disabilitas

ALAT BANTU: Pemberian alat bantu kepada para penyandang disabilitas dipusatkan di Gedung PGRI Kabupaten Cirebon, Rabu pagi(13/12).-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dalam rangka Hari Disabilitas Internasional (HDI), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon tebar alat bantu kepada para penyandang Disabilitas. Mulai kursi roda, kaki palsu, tongkat ketiak, hingga alat bantu dengar.

Bantuan pertama diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Dra Hj Indra Fitriani MM kepada penyandang disabilitas. Pembagian ini dipusatkan di Gedung PGRI Kabupaten Cirebon di Sumber, Rabu pagi (13/12).

“Ini adalah bantuan dari Pemerintah Kabupaten Cirebon kepada teman-teman disabilitas. Sebanyak 379 unit alat bantu disabilitas yang terdiri dari kursi roda, alat bantu dengar, dan lainnya," kata Indra Fitriani kepada Radar Cirebon.

Dari 379 unit alat bantu, di antaranya 355 unit kursi roda, 4 buah kaki palsu, 10 pasang tongkat ketiak, dan alat bantu dengar sebanyak 10 buah. Bantuan itu diberikan secara bertahap, di mana nanti puncaknya pada tanggal 20 Desember 2023 yang diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Cirebon Drs H Imron MAg.

BACA JUGA:TNI AD Lakukan Penanaman Pohon Serentak, Wilayah Kota Cirebon, Cadas Ngampar yang Dipilih

BACA JUGA:Dua Minggu Galang Dana, Karang Taruna Bina Karya Tegalkarang Serahkan Donasi ke Kedubes Palestina

Menurutnya, bantuan yang diberikan tidak mungkin untuk dihadirkan semua pada tanggal 20 Desember. “Karena penyandang disabilitas perlu ruang yang lumayan representatif. Sehingga kita bertahap, seperti yang kita lakukan saat ini di Gedung PGRI," jelas Indra Fitriani.

Adapun anggaran bantuan tersebut dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Cirebon. Hal ini menunjukkan kepedulian Pemda Kabupaten Cirebon kepada penyandang disabilitas. Ia berencana akan memberikan bantuan tersebut setiap tahun.

“Ini menunjukkan bagaimana kepedulian Pemerintah Kabupaten Cirebon, yakni Bapak Bupati kepada teman-teman disabilitas. Yang jelas kita akan berikan tiap tahun. Namun untuk jumlah dan lain sebagainya kita akan menyesuaikan," terangnya.

Masih kata Indra Fitriani, bantuan yang diberikan pada tahun 2023, dicatat cukup banyak kepada penyandang disabilitas. Karena, pihaknya berharap penyandang disabilitas di Kabupaten Cirebon bisa mandiri menjani hidupnya.

BACA JUGA:Gempa di Sukabumi Hari ini 4,6 Magnitudo, Terasa ke Bogor dan Tanggerang

BACA JUGA:Harga Janda Bolong Varigata Jepang Dulu Rp100 Jutaan, Sekarang Sudah Turun Jauh Jadi Segini 
“Minimal untuk melayani dirinya sendiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Dengan alat bantu ini harapannya teman-teman disabilitas semakin semangat dan semakin berdaya," tandasnya. (cep/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: