Kemarau 2023, Tercatat Sebanyak 530 Peristiwa Kebakaran

Kemarau 2023, Tercatat Sebanyak 530 Peristiwa Kebakaran

KEBAKARAN: Pabrik Busa PT Aiyi Internasional di Arjawinangun pada tahun lalu. Peristiwa kebakaran sepanjang tahun 2023 meningkat signifikan.-DOKUMEN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kemarau yang terjadi di tahun 2023, cukup panjang. Akibatnya, ratusan peristiwa kebakaran telah terjadi di Kabupaten Cirebon. Tercatat oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmat) Kabupaten Cirebon, ada sebanyak 530 peristiwa Kebakaran.

Jumlah yang tercatat, terbilang cukup tinggi bila dibandingkan tahun 2022, yang hanya sebanyak 203 peristiwa kebakaran. Artinya, pada tahun 2023, peristiwa kebakaran di Kabupaten Cirebon meningkat signfikan.

Hal itu karena fenomena El Nino dan kemarau yang panjang membuat sejumlah lahan kosong mengering dan akhirnya terbakar. Bahkan, kerapkali lahan yang penuh dengan alang-alang tiba-tiba terbakar. Sehingga, peristiwa kebakaran didominasi oleh kebakaran lahan.

“Dari 530 kejadian kebakaran, didominasi oleh kebakaran sampah, lahan, dan alang-alang sebanyak 373 peristiwa,” ungkap Kepala Disdamkarmat Kabupaten Cirebon, Ferry Afrudin kepada Radar Cirebon, Jumat (5/1).

BACA JUGA:Satu Orang Meninggal Dunia, Sepeda Motor Tertabrak Truk di Desa Tegalkarang

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kuliner Sate Taichan di Cirebon, Enaknya Bikin Nagih!

Dijelaskannya, paling banyak peristiwa kebakaran terjadi di bulan Juli, Agustus, September, dan Oktober saat kemarau panjang terjadi di 2023.

Menurutnya, fenomena alam El Nino di bulan September, membuat kejadian kebakaran mencapai 156 peristiwa dengan didominasi oleh kebakaran lahan kosong sebanyak 133 kejadian.

Selain lahan kosong dan sampah, kejadian kebakaran kedua terbanyak terjadi pada kebakaran rumah yang mencapai 77 peristiwa. Kemudian disusul dengan peristiwa kebakaran di dalam pabrik mencapai 34 kejadian. Kebakaran fasilitasi umum sebanyak 22 kali, dan kebakaran bangunan tokoh sebanyak 16 kali dalam tahun 2023.

Kebakaran terbesar sepanjang 2023, adalah kebakarang yang terjadi pada pabrik Busa  PT Aiyi Internasional yang berlokasi di Jln Raya By Pass Arjawinangun, Desa Kebonturi, Kecamatan Arjawinangun, pada Februari silam.

BACA JUGA:Nama untuk Kucing Kampung Betina yang Lucu, Baik dan Ada Artinya

BACA JUGA:Menikmati Lumpur Ajaib Pantai Kejawanan, Dipercaya Ampuh Obati Berbagai Macam Penyakit

Karena itu, Ferry juga menghimbau kepada pabrik di Kabupaten Cirebon agar mempunyai alat pemadam kebakaran sesuai standar aturan yang ada. “Buat warga Kabupaten Cirebon diminta untuk waspada agar tidak membuang patung rokok sembarangan dan jangan membakar sampah ditinggal,” pungkasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: