Lantik Wanita Tani, Wabup: Perempuan di Kabupaten Cirebon Bisa Lebih Berdaya dan Mandiri

Lantik Wanita Tani, Wabup: Perempuan di Kabupaten Cirebon Bisa Lebih Berdaya dan Mandiri

Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si melantik pengurus Wanita Tani (Watan) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Desa Keduanan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/1/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Wakil Bupati Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih, SE, M.Si melantik pengurus Wanita Tani (Watan) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Desa Keduanan, Kecamatan Depok, Kabupaten Cirebon, Selasa (9/1/2024).

Pada kesempatan tersebut, Ayu—sapaan akrab Wabup Cirebon mengatakan, anggota Watan tidak harus menanam padi di sawah atau berkebun, namun juga bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanam tanaman kebutuhan sehari-hari.

“Bisa menanam cabai atau tanaman obat keluarga. Dengan bergabungnya para perempuan dalam Watan ini, diharapkan nantinya para perempuan di Kabupaten Cirebon bisa lebih berdaya dan mandiri. Karena menjadi anggota Watan, tidak melulu harus menjadi petani,"katanya.

Menurut Ayu, para perempuan yang memiliki keahlian mengolah hasil pertanian atau perkebunan menjadi makanan, bisa juga tergabung dalam Watan ini.

BACA JUGA:Dampak Nyata Holding Ultra Mikro, Total Saldo Tabungan UMi Sentuh Rp1,5 Triliun

BACA JUGA:8 Tips Agar Wajan Tidak Lengket dan Membekas Pada Saat ingin Digunakan Kembali

“Watan ini juga bisa bagi perempuan yang memiliki keahlian membuat kue. Intinya, keberadaan Watan ini bukan hanya berkaitan dengan masalah pertanian saja, namun merupakan salah satu upaya untuk memberdayakan perempuan agar lebih mandiri,"ujarnya.

Ayu mengungkapkan, Desa Keduanan ini sudah menyiapkan lahan seluas 2.000 meter, agar bisa dimanfaatkan oleh para anggota Watan untuk menanam berbagai tanaman yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Sebagai salah satu bentuk dukungan Pemkab Cirebon dalam program ini, kami akan memberikan bantuan berupa bibit tanaman bagi Watan di Desa Keduanan ini. Nanti akan kami bantu bibit tanamannya,”pungkasnya. (rdh)

BACA JUGA:IPB CIREBON Sukses Melaksanakan MBKM Tahun 2023

BACA JUGA:Yuk Kita Intip Tren Kecantikan 2024 yang Bisa Dicoba untuk Tampil Maksimal Sepanjang Tahun 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: