Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga Menurut Pandangan Islam

Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga Menurut Pandangan Islam

Alasan Kenapa Kucing Tidak Masuk Surga Menurut Pandangan Islam-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad SAW. Namun nyatanya kucing tidak masuk surga. Apa dosanya?

Nyatanya bukan masalah dosa atau tidak, tapi kucing tidak masuk surga menurut Islam. Bagaimana mungkin hewan menggemaskan seperti kucing yang bahkan dicintai Nabi Muhammad ini justru tidak bisa masuk surga.

Allah SWT juga tidak membenci hewan peliharaan yang menggemaskan ini. Ketua Tanfidziyah PBNU, Ahmad Fahrurrozi membenarkan bahwa kucing memang tidak masuk surga. Tapi bukan berarti kucing adalah hewan yang dibenci Allah SWT.

Alasan kucing tidak masuk surga menurut Islam adalah karena Akhirat tidak sama dengan dunia. Ada hal-hal yang di luar nalar akan muncul. Ini juga berkaitan dengan surga bagi manusia dan hewan.

BACA JUGA:3 Destinasi Wisata yang Populer di Cirebon; Nikmati Akhir Pekan Anda di Sini!

"Kondisi hewan di akhirat berbeda dengan manusia. Surga itu memang hanya untuk makhluk Allah SWT yang beribadah."

Sebagaimana dijelaskan dalam hadis yang diceritakan Abu Hurairah. Hadis yang terdapat dalam dalam kitab Tafsir Al Thabari menjelaskan sebagai berikut :

إن الله يحشر الخلق كلهم، كل دابة وطائر وإنسان، يقول للبهائم والطيركونوا ترابًا

Hanya saja, sekalipun kucing tidak masuk surga menurut Islam, namun Anda masih bisa bertemu dengan kucing kesayangan Anda di akhirat nanti. Ini sesuai dengan hadis.

"Penghuni surga dijanjikan mendapat banyak kenikmatan, termasuk peluang tinggal bersama hewan kesayangan," kata dia.

Hal tersebut juga diriwayatkan dalam sebuah hadis, yakni sebagai berikut :

يا رسول الله إني أحبّ الإبلَ فهل في الجنة إبل فقال يا أعرابيّ إنْ يُدْخِلْكَ اللهُ الجَنَّةَ إنْ شاءَ اللهُ فَفِيها ما اشْتَهَتْ نَفْسُكَ وَلَذَّتْ عَيْنَاك

Artinya:

"Wahai Rasulullah sesungguhnya aku mencintai unta. Adakah di surga nanti ada unta?" Lalu Nabi SAW. menjawab, "Wahai Arab Badui, sekiranya Allah memasukkan kamu ke dalam surga Insya Allah, maka di dalamnya terdapat apa saja yang kamu kehendaki dan melezatkan pemandangan matamu."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: