Lolos Semifinal Piala Asia 2023, Korea Selatan Benamkan Harapan Australia

Lolos Semifinal Piala Asia 2023, Korea Selatan Benamkan Harapan Australia

Gol Son Hyun Min membawa Korea Selatan lolos semifinal Piala Asia 2023 usai mengalahkan Australia, Jumat 2 Februari 2024.-@hm_son7-Instagram

Australia justru bisa mencuri gol di akhir babak pertama, berawal dari kesalahan yang dilakukan Hwang In-beom, Craig Goodwin berhasil membawa timnya unggul 1-0 atas Korea Selatan.

Pertandingan berlangsung lebih berimbang di babak kedua. Korea tidak lagi mendominasi ritme pertandingan.

Dua peluang emas bahkan didapat Australia melalui Martin Boyle. Tetapi dua peluang itu bisa dimentahkan oleh kiper Jo Hyeon-woo pada menit ke-53.

BACA JUGA:Kapolres Ciko Bersama Dandim 0614 Kota Cirebon Gelar Jum'at Curhat, Inilah Tujuannya

BACA JUGA:Addin Jauharuddin, Wong Enom Cirebon Terpilih Secara Aklamasi Jadi Ketua Umum GP Ansor

Pada menit ke-60 giliran Korea yang mengancam. Hanya saja upaya dari Hwang Hee-chan masih bisa diamankan Mathem Ryan.

Saat kemenangan sudah terlihat di depan mata, Australia justru mendapat hukuman penalti setelah Lewis Miller melanggar Son Heung-min pada menit ke-90+4.

Hee-chan maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankan tugas untuk membuat skor jadi 1-1 sehingga laga harus dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Korea akhirnya bisa membalikkan keadaan pada menit ke-104. Tendangan bebas berkelas Son di dekat kotak penalti gagal dihentikan Mathew Ryan. Kedudukan menjadi 2-1.

BACA JUGA:KPU RI Tetapkan Tambahan Durasi untuk Capres Saat Closing Debat Kelima Nanti

Australia yang berupaya mencetak gol penyama kedudukan justru berada di situasi yang semakin sulit. 

Mereka harus bermain dengan 10 orang karena Aiden O'Neill dikartu merah wasit setelah melanggar Hee-chan saat perebutan bola.

Unggul jumlah pemain dimanfaatkan Korea untuk memperbesar keunggulan, tetapi sejumlah peluang mereka tidak membuahkan gol hingga berakhirnya babak kedua perpanjangan waktu.

Dengan hasil ini, Korea Selatan dipastikan akan menghadapi Jordania di babak semifinal yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa 6 Februari 2024 malam WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase