Terjadi Longsor dan Rumah Ambruk di Sungai Bantar Benda Argasunya, Pj Wali Kota Cirebon Langsung Tinjau Lapang

Terjadi Longsor dan Rumah Ambruk di Sungai Bantar Benda Argasunya, Pj Wali Kota Cirebon Langsung Tinjau Lapang

Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi bersama para pihak terkait meninjau langsung lokasi longsor di Sungai Bantar Benda, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Sabtu 3 Februari 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Mendengar adanya bencana tanah longsor yang terjadi diwilayahnya, Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi langsung meninjau lokasi bencana tersebut, Sabtu 3 Februari 2024.

Perlu diketahui, lokasi bencana longsor tersebut berada di Sungai Bantar Benda, Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon.

Longsor tersebut diduga karena intensitas hujan yang tinggi menyebabkan debit air naik dan tanah pada pinggiran sungai terkikis.

Akibatnya, salah satu rumah warga, yakni Ibu Umi Kulsum di RT 01 RW 11 Benda Kerep yang berada di sekitar sungai, ambruk.

BACA JUGA:Sejumlah Ruas Jalan di Kota Cirebon Tergenang Banjir, Hati-hati Melintasi Daerah Ini

BACA JUGA:Siswa SMA asal Kota Cirebon Dijemput Polisi, Diduga Terkait UU ITE Pornografi

BACA JUGA:Malaysia Travel Showcase Memulai Petualangan Wisata di Cirebon

Turut hadir dalam kegiatan ini Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Kepala Pelaksana BPBD Kota Cirebon, Kepala DPRKP Kota Cirebon, Camat Harjamukti, Kapolsek Seltim, BBWS Cimanuk Cisanggarung, Satpol PP Kota Cirebon, serta unsur Kecamatan dan Kelurahan Argasunya serta RT RW setempat.

Selain melakukan peninjauan, pada kesempatan ini disampaikan bantuan kepada warga setempat serta material untuk memperbaiki sandaran sungai.

"Setelah mendengar laporan dari BPBD, saya meninjau langsung, melihat, mendengar aspirasi dari warga, apa saja yang dibutuhkan dan segera dilakukan. Baik untuk jangka pendek, maupun jangka panjang serta mitigasi kedepan," ujarnya.

Pemerintah Kota Cirebon secara teknis bekerja sama dengan BBWS Cimanuk Cisanggarung serta instansi terkait untuk melakukan beberapa rencana dan mitigasi.

BACA JUGA:Haul Gusdur Ke-14 di Cirebon, Angkat Tema Momentum Meneladani Budaya Etika Demokrasi

BACA JUGA:Tanggul Sungai Sikenanga Rusak, Banjir Rendam Gamel

BACA JUGA:Razia Knalpot Brong, Kadisdik Larang Pelajar SMP Bawa Motor

"Terima kasih atas kerja sama, koordinasi dan dukungan dari BBWS Cimanuk Cisanggarung dan stakeholder lainnya dalam menangani hal ini, kita bersama antisipasi kemungkinan puncak musim penghujan, agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," harapnya.

Sementara itu, Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung Dwi Agus Kuncoro ST MM MT mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menurunkan alat berat ke lokasi tersebut.

Selain itu, dalam upaya pencegahan banjir, BBWS akan berkolaborasi dengan warga memasang bronjong yang diisi oleh batu-batuan dan dipasang di tepian-tepian sungai.

Tujuannya untuk mencegah terjadinya erosi di tepian sungai dan mengurangi gerusan air pada dinding tanggul sungai.

BACA JUGA:Tenaga Honorer Tinggal 1.300, Kota Cirebon Masih Tunggu Kuota CASN Formasi 2024

BACA JUGA:Soal Pajak Hiburan Tetap 50 Persen, Faktanya Sampai Sekarang Pemkot Belum Terima Pemohonan Keberatan

BACA JUGA:Jelang Pemilu 2024, Pengawas TPS Harus Aktif dan Progresif

Bronjong berfungsi sebagai struktur penahan tanah untuk menahan pergeseran tanah yang akan mengakibatkan longsor.

"Masyarakat sudah punya ban untuk nantinya kami isi dengan batu, biayanya lebih efisien. Kami akan terus bekerjasama dengan warga dan tentu Pemda untuk menangani hal ini," ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar  tidak memanfaatkan jalur sempadan sungai untuk membangun rumah.

Sebagai antisipasi luapan sungai, kalau sempadan atau tanggul sungai dimanfaatkan sesuai fungsinya, maka risiko rusaknya lingkungan akan dapat diminimalisir.

"Kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa jarak 15 meter dari sempadan sungai itu tidak boleh ada bangunan atau rumah.”

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Ajak Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

“Semoga ada kesadaran dari masyarakat akan penting keberadaan sempadan sungai, serta fungsinya," harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj Wali Kota beserta rombongan juga meninjau SDN Cadasngampar yang lokasinya masih berada di wilayah Argasunya. Pihaknya melihat beberapa ruang kelas.

Melihat kondisi yang ada, Pj Wali Kota akan berkoordinasi dengan dinas terkait dan menjadikan infrastruktur pendidikan sebagai program prioritas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase