Pupuk Indonesia Siap Pastikan Ketersediaan Pasokan Produknya untuk Petani di Kabupaten Cirebon

Pupuk Indonesia Siap Pastikan Ketersediaan Pasokan Produknya untuk Petani di Kabupaten Cirebon

Wakil Bupati Cirebon Hj Wahyu Tjiptaningsih menghadiri Gebyar Diskon Pupuk 2024 di gudang pupuk di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin (5/2/2024).-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pertanian merupakan sektor yang memiliki kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia

Keberhasilan sektor ini tidak terlepas dari jasa para petani yang telah bekerja keras mendukung ketahanan pangan nasional. 

Guna menjaga kontribusi sektor pertanian tersebut, Pemerintah terus menjaga ketersediaan pupuk baik subsidi maupun nonsubsidi

Pemerintah Indonesia memiliki keberpihakan tinggi terhadap petani, salah satunya melalui program subsidi pupuk yang setiap tahunnya dialokasikan sekitar Rp25 triliun disiapkan Pemerintah untuk membantu petani mendapatkan pupuk dengan harga terjangkau. 

BACA JUGA:Ketua KPU RI Dapat Teguran Keras Terakhir dari DKPP Akibat Langgar 4 Perkara

BACA JUGA:Catat Sejarah, Timnas e-Sport Indonesia Tembus Final AFC eAsian Cup 2023 Usai Kalahkan Thailand

Pada tahun 2024, Pemerintah berencana menambah alokasi subsidi pupuk sebesar Rp 14 triliun agar semakin banyak petani yang mendapat pupuk bersubsidi. 

Tidak sampai di situ, Pemerintah juga mempermudah mekanisme penebusan pupuk bersubsidi hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

 Hal ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh seluruh petani dalam memenuhi kebutuhan pupuk.

Direktur Utama Pupuk Kujang, Maryono mengatakan, tidak hanya menyediakan pupuk bersubsidi kepada petani, Pemerintah pun menjamin ketersediaan pupuk nonsubsidi.

BACA JUGA:Pimpin Sertijab Kapolsek Susukanlebak, Begini Pesan Kapolresta Cirebon

“Pemerintah melalui Pupuk Indonesia, memastikan ketersediaan pupuk di seluruh Indonesia, baik itu pupuk bersubsidi maupun nonsubsidi.”

“Pemerintah membantu memperoleh pupuk dengan mudah guna mendukung program percepatan musim tanam pada awal tahun 2024,” katanya di sela-sela acara Gebyar Diskon Pupuk 2024 di gudang pupuk di Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon, Senin 5 Februari 2024.

Dalam rangka menjaga ketersediaan pupuk, menurut Maryono, Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian melalui Pupuk Indonesia menggelar program Gebyar Diskon Pupuk di berbagai kota/kabupaten selama bulan Januari sampai dengan Februari 2024. Saat ini, kegiatan dilaksanakan di Gudang Lini 3 Kedawung, Cirebon, Jawa Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase