5 Cara Menghindari Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

5 Cara Menghindari Kebiasaan Belanja yang Berlebihan

Belanja-Foto : /www.halodoc.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Kegiatan belanja bisa dibilang sebagai aktivitas yang sulit dihindari. Mungkin Anda merasakan kesenangan tersendiri saat melihat dan membeli barang-barang baru, terutama barang yang selama ini diidam-idamkan.

Apalagi saat mulai memiliki penghasilan sendiri, mungkin Anda mulai ingin merasakan bebasnya berbelanja dengan uang sendiri.

Padahal Anda harus sangat berhati-hati karena memiliki penghasilan sendiri berarti Anda juga harus mulai mengaturnya sendiri pula.

BACA JUGA:5 Tips Memilih Tas yang Sangat Nyaman untuk Anak Bersekolah

BACA JUGA:7 Obat Kutu Air di Tangan yang Sangat Ampuh dan Mudah Sekali Didapatkan

Anda harus mempertimbangkan dengan baik kerja keras yang Anda habiskan untuk menghasilkan uang tersebut dan juga memenuhi segala kebutuhan Anda sendiri.

Berbelanja bukanlah hal yang harus sama sekali dihindari. Nyatanya kita perlu melakukannya secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti pakaian dan makanan.

Namun, aktivitas berbelanja menjadi berbahaya jika Anda melakukannya secara berlebihan alias memboros.

Kebiasaan belanja berlebihan bahkan dapat menyebabkan Anda kesulitan memenuhi kebutuhan dasar Anda. Berikut ini merupakan beberapa tips untuk menghindari belanja berlebihan.

BACA JUGA:Bantuan Pangan Beras Dihentikan Jelang 14 Februari 2024, Kepala Bapanas: Hindari Politisasi

BACA JUGA:7 Obat Kulit untuk Jamur yang Sangat Efektif

1.Siapkan Daftar Belanja

Sebelum pergi berbelanja, Anda sebaiknya menuliskan daftar kebutuhan yang perlu dibelanjakan. Pastikan semuanya ditulis tanpa terkecuali.

Daftar belanja ini nantinya akan membantu Anda untuk mengevaluasi barang-barang yang Anda masukkan ke keranjang sebelum membayarnya di kasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: