Beras Murah Diserbu Waga di Kota Cirebon, Pj Walikota Minta Bulog Kerja Sama dengan Retail

Beras Murah Diserbu Waga di Kota Cirebon, Pj Walikota Minta Bulog Kerja Sama dengan Retail

Gerakan Pangan Murah (GPM) berlangsung di Lapangan Kesambi depan kantor Kelurahan Drajat Jl Lapangan Bola, Kecamatan Kesambi, Kota Cirebon, Rabu (21/2/2023).-Dedi Haryadi-Radarcirebon.com

Sebagian warga pesimistis harga beras akan turun dan justru akan terus melonjak saat bulan puasa. Tak hanya konsumen, pedagang pun mengeluhkan kondisi tersebut.

Pada kegiatan GPM tersebut, Pemkot Cirebon menyediakan beras kualitas Premium seharga Rp70.000 per 5 kg atau Rp14.000 per kilogram. 

Kemudian beras kualitas medium atau beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) seharga Rp52.000 per 5 kg atau Rp10.400 perkilogram.

BACA JUGA:Akhirnya, Satelit Merah Putih 2 Meluncur ke Angkasa, April Siap Layani Internet di Tanah Air

Selain beras, disediakan pula bahan pangan lain yang seluruhnya dijual di bawah harga pasar, seperti bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah, minyak goreng, daging ayam, daging sapi, telur, dan tepung terigu.

"GPM ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok. Jadi Kami mencoba mengatasi pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat. Beberapa hari ini kan beras premium dan medium naik," ungkap Pj Walikota Cirebon Drs H Agus Mulyadi kepada radarcirebon.com di sela-sela kegiatan, Rabu (21/2/2024).

Agus Mulyadi menyebutkan, Pemkot Cirebon meminta Bulog Cirebon menyediakan beras SPHP ke retail-retail modern (mini market dan pasar swalayan).

"Kami minta Bulog Cirebon bekerjasama dengan retail modern agar mereka (retail modern) bisa sediakan beras SPHP, dan alhamdulillah sudah dilakukan. Yang sudah deal kerja sama baru satu retail, kami minta ini diperluas untuk seluruh retail yang ada di Kota Cirebon," sebutnya.

Masih di tempat yang sama, Kepala DKPPP Kota Cirebon Elmi Masruroh mengatakan, pada GPM hari ini (21/2/2024) pihaknya menyiapkan sebanyak 2 ton (2 truk) beras SPHP.

"Sebenarnya setiap lokasi pelaksanaan GPM, kami menyiapkan sebanyak 1 ton beras SPHP. Karena hari ini animo masyarakatnya yang datang ke lapangan ini cukup banyak, maka kami tambah 1 ton lagi. Jadi hari ini totalnya 2 ton," katanya.

Elimi menjelaskan, untuk kegiatan GPM di empat kecamatan lainnya pihaknya menyediakan 10 ton beras SPHP. Beras SPHP dijual dengan harga Rp52.000 per lima kilogram.

“Beras kami bekerja sama dengan Perum Bulog Cirebon. Harga yang kami jual di bawah harga pasar. Untuk pembelian beras kami batasi maksimal 2 kantong. Sedangkan telur maksimal 2 kilogram. Hal ini agar pembelian beras dan telur di masyarakat merata," jelasnya.

GPM menurut Elmi menjadi program rutin TPID Kota Cirebon dalam mengendalikan harga kebutuhan pokok. Kegiatan serupa juga akan digelar sebelum dan saat bulan Ramadan nanti. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: