Sarapan dengan Gizi Seimbang dari Omega 3 hingga 6 untuk Tumbuh Kembang Anak

Sarapan dengan Gizi Seimbang dari Omega 3 hingga 6 untuk Tumbuh Kembang Anak

Sarapan Dengan Gizi Seimbang-Foto : Merdeka.Com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Sarapan dengan gizi seimbang terbukti merupakan langkah awal yang sangat penting dalam mendukung tumbuh kembang anak optimal. Sayangnya kegiatan Sarapan belum menjadi kebiasaan rutin setiap keluarga di Indonesia.

Terlebih, kondisi terkini mengungkap bahwa 8 dari 10 anak Indonesia masih kekurangan asupan Omega 3. Padahal faktanya.

Omega 3 dan Omega 6 telah terbukti secara ilmiah memiliki korelasi yang erat dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal.

BACA JUGA:Slot Anggaran Pemeliharaan PJU 2024 Minim, Komisi III DPRD: PPJ 8 M/Bulan, Pemeliharaan 500 Juta/Tahun

Hal tersebut senada dengan hasil studi Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) menemukan bahwa 60% anak Indonesia tidak sarapan sebelum berangkat sekolah.

Selain itu, berdasarkan data Survei Diet Total (SDT) Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan RI tahun 2020, sebanyak 66,8% anak sarapan dengan kualitas gizi rendah dan belum terpenuhi asupan vitamin dan mineralnya.

Menyikapi fakta tersebut, Esti Nurwanti, S.Gz, RD, MPH, Ph.D, seorang ahli gizi yang berpengalaman, mengungkapkan bahwa kondisi ini tentunya perlu kita sikapi bersama. Kondisi ini dapat berpotensi mempengaruhi proses tumbuh kembang anak dan penyerapan ilmu di sekolah.

LAnak pada usia sekolah memerlukan asupan padat gizi, terutama pemenuhan kebutuhan lemak esensial omega 3 dan 6.

Lemak esensial ini memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, serta menekan depresi dan kecemasan,” paparnya.

BACA JUGA:Pemkot Cirebon Berupaya Bersama Kendalikan Gapokmas

Selain itu, Esti mengungkapkan asupan lemak esensial juga membantu menjaga daya visual anak, yang penting dalam proses belajar di sekolah.

“Oleh karena itu, memastikan anak-anak mendapatkan sarapan yang kaya akan zat gizi menjadi sangat penting untuk mendukung perkembangan dan prestasi akademik mereka,” ungkap Esti.

Sarapan Lezat Bernutrisi

Sejalan dengan semangat Pekan Sarapan Nasional (PESAN) yang diperingati setiap tanggal 14-20 Februari, BlueBand menghadirkan program “Sarapan Lezat Bernutrisi” sebagai sarana untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya sarapan bergizi, rutin dan berimbang dalam mendukung tumbuh kembang optimal anak Indonesia, sekaligus meluncurkan produk terbarunya, yakni BlueBand Kuliner sebagai solusi praktis para ibu dalam menyajikan sarapan lezat bernutrisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: