6 Jalan di Cirebon Timur Rusak Gara-gara Banjir, Biaya Perbaikan Rp13 Miliar Lebih

6 Jalan di Cirebon Timur Rusak Gara-gara Banjir, Biaya Perbaikan Rp13 Miliar Lebih

Banjir menggenangi jalan di Cirebon Timur menyebabkan jalan rusak. Foto:-Deny Hamdani-Radar Cirebon

6 Jalan di Cirebon Timur Rusak Gara-gara Banjir, Biaya Perbaikan Rp13 Miliar Lebih

RADARCIREBON.COM – 6 ruas jalan di Cirebon Timur rusak gara-gara banjir. Dibutuhkan biaya besar untuk melakukan perbaikan. Nilainya sekitar Rp13 miliar.

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Cirebon mencatat ada enam ruas jalan yang rusak akibat banjir pekan kemarin. 

Di antaranya adalah jalan Cilengkrang-Tonjong dan ruas jalan Ciledug Wetan. Selain itu ada ruas jalan Ciledug Lor-Bantarsari, Cilengkrang-Cihoe, Sidaresmi-Pabedilan dan Kalirahayu-Tawangsari. 

Kabid Bina Marga DPUTR Kabupaten Cirebon Iwan Santoso ST mengatakan hasil laporan dari UPTD PAPRJJ Wilayah VIII, diketahui ada enam ruas jalan rusak.

BACA JUGA:Awal Mula Kecurigaan, Mantan Kepsek MI di Gegesik Cirebon Beli Tanah Rp2 Miliar

BACA JUGA:Tips Jalani Puasa Ramadan dengan Baik Bagi Penderita Asam Lambung

Kerusakan jalan itu bahkan sudah dilaporkan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon sebagai koordinator. 

Hanya saja, pihaknya belum menghitung kerugian akibat banjir. Tapi, kebutuhan penanganannya hampir menyentuh angka Rp13 miliar lebih.

“Yang rusak akibat banjir itu tentu aspal jalan karena mudah mengelupas, apalagi direndam air banjir," kata Iwan kepada Radar Cirebon, Senin 11 Maret 2024.

Selain itu, kata Iwan, samping atau senderan jembatan Sedong di Kalimati juga tergerus banjir. Namun, tidak sampai terkena jembatan.

BACA JUGA:Tabungan Siswa Rp500 Juta Lebih Lenyap, Diduga Penggelapan Oleh Mantan Kepsek di Gegesik Cirebon

"Untuk yang ini sudah ada penanganan, yakni pemasangan bronjong pengaman jembatan pada ruas jalan Loji-Kalimati. Pada saat penanganan warga yang melintas untuk sementara dialihkan dulu melalui jalur lain," terangnya. 

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Cirebon Dr Deni Nurcahya membenarkan bahwa infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak akibat banjir luapan air Sungai Cisanggarung sudah di-assessment oleh dinas terkait. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: