Pemkab Dapat Kucuran Dana Miliaran rupiah Tangani Banjir Cirebon Timur

Pemkab Dapat Kucuran Dana Miliaran rupiah Tangani Banjir Cirebon Timur

Pemkab mendapat bantuan untuk penanganan bencana banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendapat kucuran dana miliaran rupiah, untuk penanganan bencana banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon. Bantuan itu, diberikan oleh Komisi VIII DPR RIKementrian Sosial, dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Pemberian bantuan itu, diserahkan secara simbolis kepada Bupati Cirebon Imron MAg, di Pendopo Bupati, Kecamatan Kejasan, Kota Cirebon, pada Kamis (14/3/2024).

Salah satu anggota Komisi VIII DPR RI, Selly Andriany Gantina mengaku prihatin dengan musibah banjir yang menimpa wilayah timur Kabupaten Cirebon. Sebab itu, Komisi VIII DPR RI,  BNPB, dan Kementerian Sosial (Kemensos) memberikan bantuan kepada korban terdampak banjir.

"Kami berharap Pemkab Cirebon bisa menyalurkan semua bantuan tersebut kepada masyarakat, dengan nominal  sekitar Rp 49 miliar dari Kemensos dan Rp 1 miliar lebih dari BNPB," papar Selly Andriani Gantina kepada Radar Cirebon.

BACA JUGA:Dinding Gedung Setda Pemkot Cirebon Jebol Diterjang Angin

Katanya, dengan nilai bantuan segitu besar, maka bisa untuk mengatasi permasalahan di wilayah Kabupaten Cirebon. Ia juga berharap adanya Green Design yang dilakukan oleh Pemkab Cirebon agar kejadian bencana banjir yang begitu besar, tidak terulang kembali dikumudian hari.

"Kami beberapa kali telah melakukan kunjungan ke daerah. Jawaban yang disampaikan masyarakat (korban dampak banjir,red), mereka tidak membutuhkan sembako. Tapi mereka membutuhkan solusi," ujarnya.

Nah, solusi tersebut menjadi tanggung jawab bersama Pemerintah pusat, Provinsi maupun Daerah. Pasalnya, banjir yang melanda wilayah Timur Kabupaten Cirebon hulunya dari Kabupaten Kuningan. Sehingga, perlu adanya sinergitas antar Pemkab Cirebon dan Kuningan.

"Sinergitas itu, harus difasilitasi dari Pemerintah Provinsi dan Pusat, kita normalisasi dari hilir," tandasnya.

BACA JUGA:INI-IPPAT Kota Cirebon Gelar Baksos Ramadhan

Di tempat sama, Bupati Cirebon, Imron MAg mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari Komisi VIII DPR RI dan BNPB. Ia juga bersyukur mendapat respon baik, sehingga memberikan bantuan dalam penanganan banjir di wilayah timur Kabupaten Cirebon.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menguraikan persoalan bencana yang terjadi di Kabupaten Cirebon. "Ini ada bantuan, kedua penanganan bencana supaya jangan sampai ada bencana lagi. Mudah-mudahan Kabupaten Cirebon tidak terjadi bencana lagi," tandasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: