Ada Pertemuan Tol Cipali - Cisumdawu, Bakal Jadi Titik Kepadatan Mudik, Lokasinya di Majalengka

Ada Pertemuan Tol Cipali - Cisumdawu, Bakal Jadi Titik Kepadatan Mudik, Lokasinya di Majalengka

Km 153 - 57 Jalan Tol Cipali bakal menjadi titik kepadatan karena ada pertemuan dengan Tol Cisumdawu di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka.-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM – Wilayah Kabupaten Majalengka bakal menjadi titik kepadatan lalu lintas pada arus mudik lebaran 2024, tepatnya di Km 153 - 157 Tol Cikopo Palimanan (Cipali).

Di lokasi yang masuk dalam wilayah Kecamatan Kertajati itu, merupakan titik pertemuan antara Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) dan Tol Cipali.

Diperkirakan, di titik tersebut bakal menjadi yang terpadat di Tol Cipali dibandingkan dengan lokasi lain.

Apalagi, Tol Cisumdawu sudah beroperasi penuh tahun ini dan tidak ada lagi pengaturan waktu operasi seperti pada arus mudik tahun lalu.

BACA JUGA:Tinjau Lokasi Kebakaran Gudang Amunisi, Bey Machmudin: Keselamatan Warga yang Utama

Pertemuan lalu lintas ini mencakup kendaraan dari arah Bandung dan Jakarta. Kemudian lokasi lain yang patut diwaspadai adalah kepadatan akibat Rest Area 166 Tol Cipali di Kecamatan Dawuan.

Sebab, ini adalah rest area yang menjadi pilihan pengendara dari Jakarta beristirahat. Sedangkan dari arah Bandung, Tol Cisumdawu belum dilengkapi rest area dengan fasilitas lengkap.

Traffic and Security Management Department Head Astra Tol Cipali, Prayogi Setyo Pratomo mengungkapkan, Astra Tol Cipali bersama Polda Jabar, Polres Kabupaten Indramayu dan Polres Kabupaten Majalengka sudah melaksanakan uji coba rekayasa lalu lintas Contra Flow pada Jumat, 29 Maret 2024.

Proses uji coba Contra Flow berlangsung di KM 153–KM 157 Ruas Tol Cipali arah Jakarta pukul 10.14 – 10.48 WIB.

BACA JUGA:Ledakan Gudang Amunisi Pernah Terjadi di Cirebon, Benteng Bescherming Rata dengan Tanah, Jadilah Jl Benteng

“Uji coba contra flow ini dilakukan di wilayah KM 153 yang merupakan titik pertemuan Jalan Tol Cisumdawu dan Jalan Tol Cipali,” ujar Prayogi.

Dikatakan dia, sebagai bagian Ruas Tol Cipali yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu, arus lalu lintas di KM 153 – KM 157 dilalui lebih banyak kendaraan bila dibandingkan Ruas Tol Cipali bagian lain.

Lokasi tersebut akhirnya terpilih menjadi lokasi uji coba Contra Flow untuk memastikan persiapan yang dilakukan Astra Tol Cipali selaras dengan kondisi yang ada di lapangan.

"Astra Tol Cipali juga telah mempersiapkan sarana dan prasarana persiapan rekayasa lalu lintas diantaranya: 5.000 Rubber Cone (RC), 600 buah Medium Water Barrier (MCB), serta 28 titik bukaan median (u-turn)."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: