Libur Lebaran, Wisatawan ke Kaduela Kabupaten Kuningan Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Libur Lebaran, Wisatawan ke Kaduela Kabupaten Kuningan Menurun Dibandingkan Tahun Lalu

Wisatawan yang memadati wisata Side Land di Desa Kaduela pada momen libur lebaran. -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Momen lebaran biasanya dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur dengan pergi ke destinasi wisata.

Seperti tahun ini, Kabupaten Kuningan kembali dipadati oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Tapi, pengelola destinasi wisata di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan justru mengeluh bahwa jumlah pengunjung tak sebanyak tahun lalu.

Seperti yang diketahui, Desa Kaduela Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan memiliki beberapa destinasi wisata yang dikelola langsung oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Arya Kemuning.

BACA JUGA:Gagal Nikmati Suasana ala Jepang di Kuningan, Rombongan asal Tangerang Mogok di Tengah Jalan

Destinasi wisata tersebut yakni Telaga Biru dan Side Land. Direktur BUMDes Arya Kemuning, Iim Ibrahim menuturkan di momen libur lebaran kali ini, jumlah pengunjung Telaga Biru dan Side Land meningkat sekitar 10% hingga 20%.

Jika biasanya jumlah kunjungan di hari weekdays mencapai 300 - 400 orang per hari dan weekend mencapai 800 orang per hari, di momen libur lebaran kali ini mencapai 1.200 hingga 2.000 pengunjung per hari.

"Paling tinggi di H+2 lebaran, prediksinya jika cuaca bagus hari Minggu (14/4) juga akan tinggi kunjugannya," ungkapnya.

Beroperasional mulai pukul 08.00 WIb hingga 17.00 WIB, harga tiket masuk yang ditetapkan dibanderol dengan harga Rp15ribu.

BACA JUGA:Kacang Tanah, Cemilan Ringan yang Kaya Manfaat untuk Penderita Diabetes

BACA JUGA:STMIK IKMI Cirebon Boyong 3 Medali di Ajang APJC NetAcad Riders 2024

Harga tiket masuk ini tetap sama dengan hari biasanya.

Pengunjung yang datang bukan saja dari Ciayumajakuning, namun juga didominasi oleh wisatawan dari Jakarta, Bandung, juga beberapa daerah sekitarnya.

"Cottege kami juga masih waiting list, beberapa tenda di Telaga Biru juga masih diminati," terangnya.

Meski angka kunjungan naik, namun Iim menuturkan kenaikan kujungan di momen libur lebaran kali ini menurun dari momen libur lebaran tahun sebelumnya.

Di tahun sebelumnya jumlah kunjungan dalam momen libur lebaran mencapai 1.800 hingga 2.000 orang per hari.

Bahkan di momen Ramadan, masyarakat menjadikan destinasi wisata di Kaduela sebagai tempat ngabuburit dan dapat mencapai 400 orang kunjungan per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: