Dinas Sosial Berikan Bimbingan bagi PPKS

Dinas Sosial Berikan Bimbingan bagi PPKS

BENTUK PRILAKU POSITIF: Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon memberikan bimbingan fisik, mental, spiritual dan sosial bagi PPKS agar meningkatnya kualitas hidup dan bisa lebih mandiri, kemarin.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon memfasilitasi bimbingan fisik, mental, spiritual dan sosial bagi pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cirebon Dra. Indra Fitriani, MM melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Lili Marliyah menyampaikan, kegiatan tersebut sebagai upaya memperluas jangkauan pelayanan terhadap PPKS, khususnya penyandang disabilitas eks trauma serta gelandangan dan pengemis dalam mengupayakan kemandirian dan meningkatkan kualitas hidup.

“Melalui bimbingan dan keterampilan yang diberikan ini, diharapkan bukan hanya mengasah keterampilan, namun lebih jauh yakni untuk memberikan kesadaran dan pola pikir pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial untuk bisa bekerja mandiri, aktif terlibat di dalam masyarakat dan mampu menjalankan fungsi sosial dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Lili kepada Radar Cirebon, Jumat (26/4).

Selain itu juga, lanjut Lili, bimbingan ini diharapkan mampu mangakomodir keinginan dan kebutuhan PPKS di Kabupaten Cirebon. Sehingga kehidupan PPKS, khususnya penyandang disabilitas eks trauma serta gelandangan dan pengemis di Kabupaten Cirebon bisa lebih bermakna, berarti, berkualitas, mandiri dan membahagiakan.

BACA JUGA:14 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Penyumbang Pengangguran

Kegiatan tersebut, lanjut Lili, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bagi PPKS serta terbentuknya sikap mental dan perilaku positif.

Selain itu, meningkatkan rasa percaya diri di dalam melaksanakan fungsi sosialnya secara wajar, dan bisa hidup mandiri tanpa tergantung orang lain. Memiliki kemampuan berusaha dengan baik, benar, dan layak sesuai dengan peraturan norma-norma kehidupan yang berlaku.

“Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang penyandang disabilitas eks trauma di sejumlah kecamatan di Kabupaten Cirebon, dan 30 gelandangan dan pengemis di Kabupaten Cirebon,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dijelaskan Lili, sub kegiatan pemberian bimbingan fisik, mental, spiritual dan sosial tahun ini dilaksanakan selama empat hari di bulan April 2024.

BACA JUGA:1001 Mahasiswa UGJ Ikuti Prosesi Wisuda di Auditorium UGJ

Dalam kegiatan tersebut, Dinsos mengundang sejumlah narasumber, pengajar, dan instruktur yakni Bagian Kesra Setda Kabupaten Cirebon, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UMKM, Satpol PP, Kemenag serta Instruktur Keterampilan dari Balai Latihan Kerja (BLK) Plumbon. (cep/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: