Alasan Blok Rokan Jadi Lokasi Upacara Hari Lahir Pancasila: Simbol Ketahanan Energi Nasional

Alasan Blok Rokan Jadi Lokasi Upacara Hari Lahir Pancasila: Simbol Ketahanan Energi Nasional

Blok Rokan di Dumai, Provinsi Riau, dipilih jadi lokasi peringatan Hari Lahir Pancasila.-Setpres-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Blok Rokan, Provinsi Riau, menjadi tempat pelaksanaan Hari Lahir Pancasila 2024. Rupanya ada alasan khusus yang menjadi latar belakang keputusan itu.

Pemilihan Blok Rokan menjadi lokasi peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu, 1, Juni 2024 merupakan inisiasi dari Presiden RI, Ir Joko Widodo.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila dilaksanakan di Lapangan Garuda Pertamina Hulu Rokan, Dumai, dipimpin Presiden Jokowi.

Kegiatan tersebut terasa istimewa dan berbeda, karena digelar di Wilayah Kerja (WK) Rokan atau dikenal dengan nama Blok Rokan yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan (PHR).

BACA JUGA:Didampingi Farhat Abbas, Saka Tatal akan Ajukan PK, Minta Nama Baik Dipulihkan

Pemilihan lokasi upacara ini, ternyata menjadi penegasan bahwa Blok Rokan merupakan simbol ketahanan energi nasional dan tulang punggung energi negeri.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 digelar oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama dengan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju dan pimpinan lembaga. 

Dalam amanatnya, Jokowi mengajak seluruh elemen bangsa bersyukur atas kembalinya aset strategis Blok Rokan ke pangkuan Ibu Pertiwi. 

"Kita juga harus aktif mengambil alih kembali aset-aset strategis bangsa, kita kelola dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan rakyat, kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi dalam amanatnya.

BACA JUGA:SIM C1 Sudah Resmi Berlaku, Segini Tarif Pembuatannya

Jokowi mengatakan, salah satu aset strategis bangsa yang diambil alih pemerintah Indonesia yakni Blok Rokan yang merupakan blok migas paling produktif di Indonesia yang sebelumnya dikelola oleh perusahaan asing.

"Kita harapkan kehadiran Pancasila sebagai pembebas deri ketergantungan kita pada pihak asing. Tadi pagi saya mendapatkan laporan dari Dirut Pertamina bahwa produksi di Blok Rokan sudah mencapai 162 ribu barel per hari. Ini lebih tinggi dari saat dikelola oleh Caltex maupun Chevron, dan merupakan 25 persen dari seluruh produksi nasional Indonesia," jelas Jokowi.

Jokowi mengatakan, Blok Rokan merupakan blok mihas terbesar di Indonesia, dan menjadi contoh dalam mewujudkan kemandirian ekonomi.

"Blok Rokan hanyalah sedikit contoh dari semangat dan upaya kita untuk kedaulatan politik dan kemandirian ekonomi untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan nyata, membangun ekonomi yang berpihak pada kepentingan nasional, berdiri di atas kekuatan kita sendiri," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: