Orang Baduy Dalam pun Ikuti Kasus Vina

Orang Baduy Dalam pun Ikuti Kasus Vina

Masyarakat di Baduy Dalam ternyata mengetahui kasus Vina Cirebon. Foto diambil di area Baduy Luar. -Dokumen Pribadi-radarcirebon.com

Oleh: Yanto S Utomo

KASUS Vina Cirebon ini memang luar biasa viral dan mendapat perhatian banyak pihak. Termasuk perhatian dari sebagian masyarakat adat Baduy Dalam.

Mulanya saya kaget dan tak menyangka. Ternyata sebagian masyarakat suku yang tinggal di pedalaman Banten ini, mengetahui dan mengikuti kasus Vina Cirebon.

Padahal kasus pembunuhan yang konon disertai dengan pemerkosaan itu terjadi sudah lama. Yakni pada Cirebon tahun 2016 lalu.

BACA JUGA:Pengedar Obat Keras Terbatas Ditangkap Polresta Cirebon di Karangwareng

“Kan ada filmnya. Saya mengikuti perkembangan kasus Vina,” ungkap Sanif, pria asli suku yang tinggal di kampung Baduy Dalam tersebut.

Dia menyampaikan ungkapan seketika kepada rombongan dari Cirebon yang bermalam di rumahnya, Sabtu malam lalu.

Padahal masyarakat yang tinggal di kampung Baduy Dalam tidak boleh memiliki handphone dan televisi. Bahkan orang Baduy Dalam juga mengharamkan listrik. Penerangan rumah mereka hanya menggunakan cempor.

Lalu dari mana Sanif dan beberapa orang Baduy Dalam tahu soal kasus Vina? Ketika sedang berada di Terminal Cijahe, saya berbicara secara khusus dengan Sanif. Kebetulan saya dan 2 orang kawan, terlebih dahulu sampai di terminal tersebut.

BACA JUGA:Ada CCTV di TKP Kasus Vina Cirebon, Jasamarga: View-nya ke Arah Jalan Tol

Sanif mengakui tahu soal kasus Vina ketika sedang menunggu tamu di Terminal Cijahe atau Terminal Ciboleger. Di 2 tempat itu banyak warung yang memiliki televisi dan sedang melihat kasus Vina. 

Kadang-kadang juga, katanya, dari para penunggu warung yang menonton menggunakan hp. “Mereka selalu bercerita soal kasus Vina,” ungkapnya.

Sambil mengatakan bukan hanya dia, sebagian warga Baduy Dalam pun mengetahui soal kasus Vina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: