Menggali Narasi Utama Edu Heritage Cirebon – Jakarta, Peluang dan Daya Tarik Baru untuk Kedu Daerah

Menggali Narasi Utama Edu Heritage Cirebon – Jakarta, Peluang dan Daya Tarik Baru untuk Kedu Daerah

Edu Heritage Cirebon Jakarta diharapkan dapat menghadirkan peluang baru bagi kedua daerah.-Yuda Sanjaya-Radarcirebon.com

BACA JUGA:Jika Polda Jabar Kembali Mangkir Minggu Depan, Begini Nasib Sidang Praperadilan Pegi

BACA JUGA:Kuasa Hukum Mencium Adanya Trik Dibalik Absennya Termohon di Sidang Praperadilan

Lantas penelitian tersebut dibuat dalam sebuah laporan dengan judul: "Dari Jayakarta ke Jakarta."

Kisah itu, tentu mempersatukan Cirebon - Jakarta yang memiliki satu narasi sejarah. Namun, kisah heriok tersebut jarang tersampaikan terutama pada Gen Z, Gen Alpha, dan seterusnya.

Karenanya, Edu Heritage Cirebon Jakarta menghadirkan peluang baru bagi kerjasama daerah dalam pengembangan daya tarik pariwisata yang berlandaskan sejarah dan budaya.

Oleh karenanya, Edu Heritage Cirebon Jakarta diharapkan dapat menghadirkan peluang baru bagi kedua daerah.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, Benny Bachtiar mengungkapkan, wilayah Cirebon dengan potensi yang ada, tentu sangat bisa berkembang dari sisi pariwisata.

BACA JUGA:Pengacara Pegi Sentil Polda Jabar yang Tidak Hadir di PN Bandung: Masa Kepolisian Engga Taat Hukum!

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Cirebon didorong untuk dapat memperkuat akses dalam hal pencarian sumber dana revitalisasi bangunan bersejarah. Kemudian meningkatkan data tarik dengan membuat narasi dan story telling.

"Dengan membaca kisah, orang penasaran akan datang. Story telling akan membuat daya tarik pariwisata meningkat. Kami juga di Jabar sedang membuat story telling kerjasama dengan dinas arsip," kata Benny Bachtiar di Forum Bisnis Edu Heritage Cirebon Jakarta, Minggu, 23, Juni 2024.

Kepala Dinas Kebudayaan DKJ, Iwan Henry Wardhana yang diwakili Kepala Museum Bahari Jakarta, Mis Ari menyambut baik gagasan edu heritage tersebut.

Karena itu, perlu dibuat action plan atas apa yang telah diinisiasi. Sehingga edu heritage ini bisa mewujudkan harapan baik bagi Cirebon maupun Jakarta.

"Kota Cirebon ini luar biasa. Tinggal bagaimana kita membuat action plan untuk mewujudkan itu," sebut pejabat kelahiran Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon itu.

Cirebon - Jakarta bak Ayah dan Anak

Sementara itu, Penjabat Walikota Cirebon, Agus Mulyadi mengibaratkan kedua daerah seperti ayah dan anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: