Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon Terima Hibah PKKM 2024

Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon Terima Hibah PKKM 2024

HIBAH PKKM: Prodi Sastra Inggris IPB Cirebon memperoleh hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) 2024. Hibah ini akan digunakan untuk pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas dan mutu mahasiswa.-IPB Cirebon-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Program Studi (Prodi) Sastra Inggris IPB Cirebon menjadi satu dari sekian penerima dana hibah Program Kegiatan Kampus Merdeka (PKKM) tahun 2024. Ini merupakan kali pertama Prodi Sastra Inggris mendapatkan hibah PKKM.

Namun jika ditarik ke belakang, IPB Cirebon sudah mendapatkan hibah PKKM ini pada tahun 2023 lalu untuk prodi pendidikan guru SD dan pendidikan teknik informatika dan komputer

Kaprodi Sastra Inggris IPB Cirebon Juwintan SS Mhum mengatakan bahwa melalui hibah ini pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan mutu mahasiswa. Salah satunya melalui pemutakhiran kurikulum.

Menurutnya, kurikulum merupakan landasan utama dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, dengan hibah ini, pihaknya akan melakukan pemutakhiran kurikulum yang lebih aplikatif dengan dunia kerja.

BACA JUGA:Konsolidasi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Pj Gubernur Jabar: Perkuat Pembangunan

“Kami akan mengundang para pakar, Dudi (Dunia Kerja dan Dunia Industri) alumni terkait dengan kebutuhan di luar sana yang harus dilengkapi oleh Prodi Sastra Inggris jni," ungkapnya. Kamis (18/7/2024).

Kemudian, kata Intan, pihaknya juga akan mengembangkan mitra Dudi, bukan hanya di tingkat lokal, namun juga di tingkat nasional. Pengembangan mitra ini disesuaikan dengan sasaran dari Prodi Sastra Inggris yang mempunyai profil lulusan di bidang jurnalistik, bisnis, penerjemahan dan sastra digital.

“Kami mencoba untuk memfasilitasi mahasiswa sesuai dengan minat dan bakatnya. Dan tahun ini kami mencoba mengembangkan mitra untuk magang di dunia Industri kreatif seperti koran, televisi, media digital, ekspor-impor hingga perusahaan penerjemahan dan publisher," jelasnya.

Selain itu, melalui hibah ini, pihaknya juga akan meningkatkan pelayanan pendidikan dengan peningkatan kualitas pembelajaran melaui penambahan sarana dan prasarana penunjang berupa laboratorium bahasa dan pengembangan SDM. “Ini kami jadikan sebagai fundamental untuk ke arah pengembangan untuk target menjadi program studi yang unggul," katanya.

BACA JUGA:Sebanyak 1.139 Lowongan Kerja Ditawarkan Dalam Job Fair di SMK Assalam Gegesik

Untuk diketahui bahwa PKKM adalah program pengembangan perguruan tinggi yang ditujukan untuk meningkatkan mutu dan relevansi perguruan tinggi melalui pencapaian delapan Indikator Kinerja Utama (IKU) agar dapat berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa.

Kompetisi ini terbagi dalam tiga liga, yaitu liga-1 (untuk perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa di atas 18.000 dan mengikutsertakan lima program studi), liga-2 (perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 5.001-18.000 dan tiga program studi), dan liga-3 (perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa 1.000-5.000 dan dua program studi).

PKKM telah memberikan angin segar bagi kampus-kampus yang ingin berkembang dan meningkatkan kualitasnya baik di bidang pengajaran maupun kualitas SDM-nya. Program tersebut menjadi motivasi bagi perguruan tinggi di seluruh Indonesia dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, peningkatan kompetensi dosen, dan mendorong link and match antara Pendidikan dengan dunia kerja.

“Kami harapkan dari adanya program ini adalah lulusannya menjadi lebih baik dan dapat diterima di dunia kerja baik nasional maupun internasional. Makanya saya bersyukur mendapatkan hibah PKKM tahun ini karena ini merupakan jalan buat kami mempercepat pengembangan prodi dan program MBKM di kampus kami," pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: