Pentingnya Pendidikan Pancasila

Pentingnya Pendidikan Pancasila

Dr Antonius Benny Susetyo.--

Mengembalikan pendidikan Pancasila sebagaipelajaran wajib memiliki beberapa manfaat penting, diantaranya, Pendidikan Pancasila membantu memperkuatidentitas nasional dan rasa kebangsaan di kalangan generasimuda, Pendidikan Pancasila berperan dalam membentukkarakter siswa yang berlandaskan pada nilai-nilai luhur Pancasila.

Melalui pendidikan Pancasila, siswa diajarkan untukmemiliki kesadaran sosial yang tinggi, peduli terhadap sesama, dan aktif dalam kehidupan bermasyarakat, Pendidikan Pancasilamengajarkan nilai-nilai moral yang penting dalam kehidupansehari-hari, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan keadilan.

BACA JUGA:Informa Living Plaza Perkenalkan Tren Baru 2024 di Semarak HUT ke-20

Nilai ketuhanan dalam Pancasila mengajarkan bahwa setiapmanusia harus mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa danmenjunjung tinggi nilai-nilai religius dalam kehidupan.

Dalam konteks pendidikan, nilai ketuhanan dapat diajarkan melaluiberbagai kegiatan, seperti kegiatan keagamaan, pembelajarantentang toleransi antar umat beragama, dan penerapan nilai-nilaimoral dalam kehidupan sehari-hari.

Nilai kemanusiaan mengajarkan bahwa setiap manusia harus diperlakukan denganadil dan manusiawi, tanpa membedakan suku, agama, ras, ataugolongan.

Pendidikan Pancasila harus mampu menanamkan rasa empati, kepedulian, dan menghormati hak-hak asasi manusiakepada siswa.

BACA JUGA:Astra Otoparts Gencar Perkenalkan Aspira Premio di Cirebon

Ini bisa dilakukan melalui kegiatan sosial, diskusitentang isu-isu kemanusiaan, dan penerapan praktik-praktikkemanusiaan dalam kehidupan sekolah.

Nilai persatuan menekankan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsaIndonesia yang beraneka ragam.

Pendidikan Pancasila harusmengajarkan siswa untuk mencintai tanah air, memahami keragaman budaya, dan berperan aktif dalam menjaga persatuandan kesatuan bangsa.

Kegiatan seperti upacara bendera, pelajaran sejarah nasional, dan kegiatan kebudayaan dapatmenjadi sarana untuk menanamkan nilai persatuan.

BACA JUGA:Kecelakaan Truk di Losarang Indramayu, 1 Korban Meninggal Dunia, 5 Luka-luka

Nilai kerakyatan mengajarkan pentingnya demokrasi dan kedaulatan. Dalam pendidikan Pancasila, siswa diajarkan tentang pentingnya partisipasi aktif dalam proses demokrasi, menghargai pendapat orang lain, dan berperan serta dalam pengambilan keputusan yang menyangkut kepentingan bersama.

Kegiatan seperti pemilihan ketua kelas, debat, dan diskusikelompok dapat membantu siswa memahami danmengaplikasikan nilai kerakyatan, Nilai keadilan mengajarkan pentingnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: