Masjid Raya At-Taqwa Cirebon Jadi Percontohan Masjid Ramah Anak di Jawa Barat

Masjid Raya At-Taqwa Cirebon Jadi Percontohan Masjid Ramah Anak di Jawa Barat

Memperingati Hari Anak Nasional, Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan deklarasi Masjid Ramah Anak di Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon, Selasa (23/7/2024).-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  Memperingati Hari Anak Nasional, Pemerintah Kota Cirebon melaksanakan deklarasi Masjid Ramah Anak di Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon, Selasa (23/7/2024). Acara ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan masjid yang aman, nyaman, dan mendukung perkembangan anak-anak, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya ruang ibadah yang inklusif bagi generasi muda.

Deklarasi ini dihadiri oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI), DR H Imam Addaruqutni MA, Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi, Pj Sekda M Arif Kurniawan, Ketua At Taqwa Center Kota Cirebon Dr H Ahmad Yani MAg, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Cirebon Didi Sunardi SE, dan tamu undangan lainnya.

Pj Wali Kota mengajak semua yang hadir untuk memiliki pandangan dan semangat yang sama dalam menjadikan masjid bukan hanya sebagai tempat beribadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan. "Konsep Masjid Ramah Anak akan menjadikan masjid lebih produktif, menjadi tempat anak-anak beribadah, bermain, dan melakukan kegiatan positif," ujarnya.

Ia berharap Masjid Raya At-Taqwa dapat menjadi tempat yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi anak-anak tanpa adanya kekerasan dan diskriminasi. "Hal ini memerlukan upaya bersama untuk membangun perilaku pengguna masjid yang berpihak pada anak dan mengutamakan kepentingan terbaik mereka," tambahnya.

BACA JUGA:Pendukung Saka Tatal Pakai Kaos 'Perkasa' Gelar Aksi Damai di PN Cirebon

Pj Wali Kota juga mengimbau semua pihak untuk berperan aktif dalam menyediakan sarana dan prasarana yang ramah anak serta mengembangkan kreativitas seni dan budaya bagi mereka. "Ini penting untuk meningkatkan partisipasi anak dalam aktivitas masjid, membentuk karakter yang cinta masjid, dan menjadikan masjid bagian dari aktivitas keseharian mereka," katanya.

"Mari kita berkomitmen mewujudkan Masjid Ramah Anak di Kota Cirebon agar anak-anak kita tumbuh menjadi generasi yang berintegritas, berkualitas, dan berakhlak mulia," imbaunya.

Ketua At Taqwa Center Kota Cirebon, Dr H Ahmad Yani MAg, menambahkan bahwa Masjid Raya At-Taqwa dideklarasikan sebagai masjid ramah anak dan menjadi contoh di tingkat Provinsi Jawa Barat. "Ini akan membawa keberkahan untuk terus memperkuat fungsi masjid sehingga anak-anak bisa merasa aman dan nyaman di masjid, baik untuk ibadah maupun bermain," katanya.

Menurut Ahmad Yani, masih banyak orang tua yang kesulitan mengajak anak-anak ke masjid. Oleh karena itu, seluruh sarana dan prasarana di Masjid At-Taqwa disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak. "Kami berkomitmen, selain karena tuntutan agama, untuk memberikan layanan kepada anak-anak mulai dari pendidikan hingga konseling," ujarnya.

BACA JUGA:Foto Vina – Eky di Rumah Sakit Jadi Novum untuk PK Saka Tatal, Tidak Ada Luka Samurai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: