Pilkada 2024, Dosen - Mahasiswa FDKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Pelatihan Tular Nalar di SMAN 7 Cirebon

Pilkada 2024, Dosen - Mahasiswa FDKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon Pelatihan Tular Nalar di SMAN 7 Cirebon

Dosen - Mahasiswa FDKI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon melaksanakan pelatihan Tular Nalar di SMAN 7 Cirebon jelang Pilkada 2024.-Dokumen-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Pelatihan Tular Nalar "Sekolah Kebangsaan” digelar oleh Dosen dan Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam (FDKI) Universitas Islam Negeri (UIN) Siber Syekh Nurjati Cirebon di SMAN 7 Cirebon.

Program ini diprakarsai Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) serta didukung oleh Google.org dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terutama para siswa dan siswi tentang pemilu, demokrasi, penginderaan hoaks dan waspada sanksi dalam  konteks Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Amelia Dwi Handayani M. I.Kom, Dosen UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon sekaligus penanggung jawab kegiatan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat atas terselenggaranya acara ini.

Menurutnya kolaborasi ini penting dilakukan karena para siswa dan siswi ini adalah pemilih pemula yang belum mempunyai pengalaman pemilu sebelumnya.

BACA JUGA:UMKM Tigapo, Bedug, dan Genjring: Motor Penggerak Ekonomi dan Pelestari Budaya Desa Lebak Mekar Cirebon

Tofik M.Pd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMAN 7 Cirebon juga menyampaikan terima kasih atas adanya acara ini.

Menurutnya, literasi digital penting untuk dikuasai oleh para siswa sebagai bekal untuk menyikapi berita hoaks di pilkada 2024. 

Mohamad Joharudin M.Pd, Pimpinan Bawaslu Kota Cirebon menyampaikan pentingnya memilih  kepala daerah terbaik dengan menelusuri rekam jejaknya.

Dia mengajak para peserta untuk dapat berpartisipasi aktif dengan mengawal jika terdapat kecurangan dengan melaporkan ke media sosial.

BACA JUGA:Cabor Panjang Tebing Menyisakan Veddriq Leonardo, Rajiah dan Desak Dewi Gagal Bawa Medali Olimpiade Paris 2024

Hadir melalui Zoom dalam acara ini Santi Indra Astuti, S.Sos., M.Si, selaku Program Manager Tular Nalar. Santi menyampaikan pesan terkait pentingnya berpikir kritis di masa pilkada.

Dia mengungkapkan, bahwa masyarakat dihadapkan pada derasnya arus pemikiran dan informasi yang menjadi tantangan kita saat ini. 

Acara ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan siswa dan siswi kelas 3 SMAN 7 Cirebon yang dibagi menjadi 10 kelompok dan dipandu oleh 10 fasilator.

Dalam acara tersebut para peserta terlibat aktif dalam diskusi mendalam dan sesi tanya jawab dengan para fasilitator yang ahli di bidangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: