DUH! Ada TPS Liar Ditengah Perumahan Elit

DUH! Ada TPS Liar Ditengah Perumahan Elit

Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan S.Sos M.Si terlihat geram melihat tumpukan sampah di RT 04 RW 01, Desa Kertawinangun.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Di tengah kegiatan saber Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar, Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan S.Sos M.Si terlihat kecewa. Lantaran, ditengah perumahan elit, berlokasi di RT 04 RW 01, Desa Kertawinangun, Kecamatan Kedawung terdapat dua titik tumpukan sampah di perkarangan pinggir Jln Simega.

Kondisi itu, membuat Iwan merasa sangat prihatin. Menurutnya, lingkungan sekitar RT 04 RW 01, sudah termasuk masyarakat perkotaan yang semestinya mempunyai wawasan yang lebih baik tentang pengelolaan lingkungan, termasuk sampah.

"Kalau melihat infrastruktur di lingkungan. Masyarakat yang tinggal disini, yang secara ekonomi mampu. Tapi kenapa dalam hal pengelolaan sampah masi seperti ini. Perkarangan ini, sudah di pagar sudah ada pengumuman tidak boleh buang sampah sembarangan, Tapi malah buang sampahnya di dalam pagar," ujar Iwan kepada Radar Cirebon sembari memperlihatkan tumpukan sampah, pada Minggu (11/8/2024).

Ia menerangkan, dilihat dari kondisi sampah yang menumpuk, TPS liar tersebut sudah lama ada. Artinya, kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sangat lah kurang. Karena itu, Ia pun mengajak puluhan teman komunitas di Cirebon untuk bersama-sama membersihkan sampah tersebut.

BACA JUGA:PJ Bupati Cirebon Minta ASN Jaga Netralitas dalam Pilkada 2024

"Saya harap melalui kegiatan ini tergugahlah hatinya dan pemikirannya. Kita harus sadar. Kita yang menghasilkan sampah, kita yang berbuat. Tapi kenapa orang lain yang harus membersihkan. Ini kan malu, sebenarnya cerminan dari pribadi yang tidak bertanggung jawab," ucapnya.

Untuk solusi kedepannya. Iwan juga berkomunikasi dengan Kuwu dan Camat setempat agar coba sesekali dilakukan pengawasan atau pun sidak. Manakala ada orang yang tertangkap buang sampah sembarangan, untuk diberikan peringatan dan viralkan.

"Sidak, pantau terus. Kalau ditemukan ada buang sampah sembarangan disini, diberikan peringatan, rekam dan viralkan. Karena ini daerah perkotaan yang semestinya masyarakatnya pun berwawasan dan sadar akan lingkungan," tandasnya.

Sementara itu, RT setempat bernama Ahmad (55) mengaku belum pernah melihat ada orang yang buang sampah di lokasi tersebut. Namun, Ia hanya memdengar dari orang lain yang melihat ada orang pengendara buang sampah di lokasi tersebut.

BACA JUGA:Ribuan Warga Meriahkan Jalan Santai Launching UMMADA Cirebon

"Ada yang melihat, yang buang sampah orang luar. Mereka naik motor dan mobil, kemudian buang sampah disini. Saya sudah himbu masyarakat kalau ada yang melihat, segera tangkap saja dan bawa ke Desa," tegasnya.

Ahmad mengaku, kalau warga di RT 01 yang dipimpin olehnya, sudah ada iuran untuk mengambil sampah. Jadi setiap tiga hari sekali, sudah ada yang mengambil sampah di rumah warga. "Kalau warga kita ada iuran sampah, pihak kita tiga hari ambil sampah. Makanya kami tidak tahu siapa yang buang sampah disini," tandasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: