Program Cermat pada KPM UI BBC Memberi Banyak Manfaat Untuk Anak-anak

Program Cermat pada KPM UI BBC Memberi Banyak Manfaat Untuk Anak-anak

program Cermat telah dilaksanakan oleh para mahasiswa UI BBC pada KPM di Desa Buyut.-Cecep Nacepi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon (UI BBC) terus berinovasi dalam memajukan Desa Buyut, Kecamatan Gunungjati. Berbagai program telah dilaksanakan oleh para mahasiswa.

Salah satunya dengan program taman pojok baca yang dikemas dengan program Centra Edukasi Rasa Mental Aman dan Terpadu (Cermat).

"Cermat melakukan program edukasi masyarakat, pertama mengaktifkan pojok baca menarik anak, agar aktif membaca buku. Seperti dengan membuat games doorprize, layar tancep atau bioskop, dan lainnya," kata Ketua KPM UI BBC Desa Buyut, Warhadi (33).

Selama satu bulan ini, pihaknya kerapkali mengumpulkan anak-anak pada hari Sabtu dan Minggu. Dengan diadakan games, anak-anak pun datang. Selain diajak membaca, para mahasiswa yang KPM juga memberikan konseling kepada anak melalui cerita-cerita yang menarik.

BACA JUGA:Tarik Tambang Lawan Mesin Kereta Api, di Sini Lokasinya

"Konseling ini agar mereka lebih sehat secara mental dan memiliki kegemaran membaca. Karena, secara umum anak-anak cenderung suka gedget, ada konteks kekerasan mental terbawa menjadi anak agak keras," ujar salah satu mahasiswa bernama Nina Milaturokhah (28).

Tidak hanya itu, para mahasiswa yang sedang KPM di Desa Buyut juga memberikan bimbingan konseling kepada anak di setiap sekolah yang ada di Desa Buyut.

Sementara itu, Kuwu Desa Buyut, Wandi mengatakan program yang dilaksanakan oleh KPM UI BBC kali ini patut mendapat apresiasi. Lokasi pojok baca di Brete yang sebelumnya sepi, menjadi ramai. Anak-anak juga bisa bermain sambil belajar.

"Ini baru pertama ada bimbingan konseling. Ini sangat bermanfaat untuk anak-anak, nambah pengalaman dan belajar. KPM kali ini bagus dan mudah-mudahan ada perubahan untuk anak-anak," tandasnya. (cep)

BACA JUGA:Suhendrik Apresiasi Komunitas Kosong3.crb

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: