Peringatan Dini, BMKG Bakal Pasang Alat Deteksi Gempa Bumi di Balai Kota Cirebon

Peringatan Dini, BMKG Bakal Pasang Alat Deteksi Gempa Bumi di Balai Kota Cirebon

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Cirebon, Andi Wibowo.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Intensitas gempa di sejumlah wilayah di Jawa Barat dalam beberapa waktu terakhir ini menunjukkan adanya peningkatan. Yang terbaru adalah gempa terjadi di Kabupaten Bandung.

Guna mendeteksi dini terjadinya gempa di Kota Cirebon, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan memasang alat deteksi gempa bumi di Balai Kota Cirebon.

Alat ini diserahkan kepada Pemerintah Kota Cirebon guna memantau pergerakan gempa dan memberikan peringatan dini kepada masyarakat.

BACA JUGA:Media Visit Dani-Fitria, Tingkatkan Sinergitas dengan Para Pewarta

BACA JUGA:Kembali Raih Emas dari Cabor Bulutangkis, Jabar Hattrick Juara PON Didepan Mata

BACA JUGA:Perdalaman Ilmu Jurnalistik, SMAN 1 Batarujeg Kunjungi Kantor Radar Cirebon

Dikonfirmasi radarcirebon.com, Kamis 19 September 2024, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Cirebon, Andi Wibowo membenarkan hal tersebut.

"Betul, BMKG sudah melakukan survei ke Kota Cirebon dan akan memasang alat itu di lingkungan Balai Kota Cirebon,"ucapnya.

Andi mengatakan, Pemerintah Kota Cirebon mendapat alat pendeteksi dini gempa tersebut dari BMKG sebanyak 1 unit.

BACA JUGA:Pelindo Mengajar Pelindo Hadir di SMA Negeri 8 Kota Cirebon

BACA JUGA:Tim PC-Prove Solid Warriors Berhasil Cegah Kerugian PT Pertamina EP Zona 7 Jatibarang Field

BACA JUGA:Rangkul Generasi Muda, Pertagas Gelar Pelatihan Pemandu Wisata di Indramayu

"Display warning peringatan dini gempa ini, Alhamdulillah Kota Cirebon dapat 1 set dari BMKG dan rencananya dipasang di Balai Kota. Insya Allah bulan Oktober atau November 2023 ini semoga terpasang,"katanya.

Dijelaskan Andi Wibowo, alat tersebut dilengkapi dengan seismometer untuk mengukur kekuatan gempa serta sirine sebagai tanda peringatan dini.

“Alat ini akan sangat membantu dalam mitigasi dan mengurangi dampak bencana gempa bumi. Meskipun alat ini tidak bisa mencegah gempa, namun pentingnya peran deteksi dini untuk mempercepat tindakan mitigasi, sehingga dengan alat tersebut, Kota Cirebon dapat lebih siap mengantisipasi risiko gempa yang mungkin terjadi," jelasnya.

Andi berharap, alat deteksi ini dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dan membantu mengurangi risiko kerugian serta korban jiwa akibat gempa bumi di Kota Cirebon. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase