Inovasi Pendidikan: Yayasan Mansyur Al-Makki Cirebon Gelar IB Talent Festival, Berikut Tujuannya

Inovasi Pendidikan: Yayasan Mansyur Al-Makki Cirebon Gelar IB Talent Festival, Berikut Tujuannya

Ketua Yayasan Mansyur Al-Makki, DR H Taufik Ridwan Mhum dan para tamu undangan hadiri pembukaan IB Talent Festival, Sabtu 19 Oktober 2024.-ISTIMEWA/RADARCIREBON.COM-

CIREBON, RADARCIREBON.COM – Sejumlah siswa dan siswi dari mulai tingkat TK, SD, SMP dan SMK yang berada di bawah naungan Yayasan Mansyur Al-Makki mengikuti program Incubation Basic (IB) Talent Festival.

Program IB Talent Festival ini merupakan upaya yayasan dalam mencetak generasi bangsa yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan agama Islam yang berakhlakul karimah.

Ketua Yayasan Mansyur Al-Makki, DR H Taufik Ridwan MHum, menjelaskan bahwa IB Talent Festival merupakan puncak dari program inkubasi dasar yang sudah dilakukan selama 3 bulan.

“IB Talent Festival ini sebagai salah satu bukti komitmen yayasan dan sekolah mempertanggungjawabkan kepada orang tua atau wali murid, bahwa siswa baru selama tiga bulan belajar sudah bisa apa,” jelasnya.

BACA JUGA:Ketua MPR RI: Megawati Soekarnoputri Dipastikan Tidak Hadir di Pelantikan Prabowo-Gibrban

BACA JUGA:Unit Reskrim Polsek Dukupuntang Berhasil Tangkap Pencuri Tabung Gas Oksigen di Bobos

BACA JUGA:Bisa Dicoba! Rumah Makan Avank-Avunk, Tawarkan Kuliner Khas Chinese Food Ala Cirebon

Sebab, yayasan Mansyur Al-Makki yang menaungi sejumlah sekolah mulai dari TK, SD, SMP hingga SMK Terpadu mempunyai program incubation basic (IB).

Menurut Taufik, program tersebut dijalankan selama tiga bulan sejak siswa dan siswi itu masuk menjadi peserta didik di lembaga pendidikannya.

Incubation basic adalah program untuk mengajarkan siswa dan siswi baru bagaimana ubudiyah-nya (bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT, yang dilakukan dengan cara taat kepada-Nya, berbuat baik dan berdoa).”

“Bagaimana tata cara mengaji Al-Qur’an-nya dan penerapan etika dan moralnya. Tiga item ini akan dinilai selama 3 bulan,” tuturnya.

Nah, lanjut dia, IB Talent Festival ini sebagai ajang bagi siswa dan siswi untuk menunjukkan kemampuan mereka setelah tiga item yang disebutkan tadi diajarkan oleh para tenaga pendidik.

BACA JUGA:Siap Terima Konsekwensi, Mantan Caleg PAN Pilih Dukung Pasangan H Imron-Jigus

BACA JUGA: Bey Machmudin Harap RSHS Tingkatkan Layanan Kesehatan

“Artinya, pencapaian anak-anak selama tiga bulan mengenyam pendidikan di Yayasan Manshur Al-Makki bisa terlihat,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, IB Talent Festival ini disaksikan pula oleh para orang tua dan wali murib agar mereka mengetahui bahwa selama ini yayasan dan sekolah telah bekerja untuk mendidik anak-anaknya.

“Kan selama ini pendidikan serba tertutup. Nah, dengan IB Talent Festival ini wujud dari transparansi dan evaluasi. Dari proses ini, orang tua akan melihat perubahan yang dialami anak-anaknya,” ungkap Taufik.

Disebutkan bahwa gelaran IB Talent Festival ini sudah dilaksanakan setiap tahun saat tahun ajaran baru dimulai. “Pokoknya setiap ajaran baru, tiga bulan kemudian IT Talent Festival digelar,” sebutnya.

BACA JUGA:Jumlah DAMIU Menjamur di Kabupaten Cirebon, Begini Cara milih

BACA JUGA:BMH Gelar Pelatihan Menulis Kepada Santri Penghafal Qur'an

Perlu diketahui, Yayasan Manshur Al-Makki adalah lembaga pendidikan terpadu yang berada di Desa Panambangan, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon.

Yayasan ini menaungi sejumlah sekolah mulai dari jenjang TKIT, SDIT, SMPIT dan SMK Terpadu yang bernama Ibnu Khaldun.

Kemudian, yayasan ini telah mengembangan sayapnya ke lembaga perguruan tinggi bernama Politeknik Siber Cerdika Internasional (SCI) Ibnu Khaldun yang sudah berjalan selama 2 tahun.

“Mahasiswanya sudah 200-an dan 2 tahun kedepan kita juga akan membuka program pascasarjana di bidang teknologi dan bisnis,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: