Jelang Ramadan Kapolres Ciko Sambangi Pasar, Cek Harga Sembako

Jelang Ramadan Kapolres Ciko Sambangi Pasar, Cek Harga Sembako

CIREBON - Kapolres Cirebon Kota (Ciko) AKBP Adi Vivid Agusetiadi Bachtiar melakukan pengecekan harga sembako di sejumlah pasar di Kota Cirebon, Selasa (16/5). Pasar yang disambangi Vivid di antaranya Jagasatru dan Kanoman. \"Kemarin kan sudah dibentuk satgas pangan. Nah, mulai hari ini kita mulai bergerak untuk memantau dan sekaligus mengcek harga sembako,\" kata Vivid saat diwawancari di pasar Jagasatru. Vivid mengatakan, secara umum harga sembako di pasar masih dalam batas normal. Artinya, belum terlihat adanya kenaikan harga. Hanya saja, sejumlah bahan pangan seperti bawang putih, telur, dan ayam mengalami kenaikan. \"Kalau untuk bawang putih naik sampai Rp 15.000, telur naik sekitar Rp 3.000, kemudian ayam juga naik sekitar Rp 4.000. Jadi yang lain belum ada kenaikan,\" kata Vivid. Lebih lanjut pihaknya akan secara rutin melakukan pengecekan. Apabila ada kenaikan harga yang signifikan, akan langsung dicari distributornya untuk menelusuri peyebabnya. \"Kalau ada yang naik biasanya alasan mereka karena barang langka. Nah kita akan tulusuri itu, apakah memang barangnya langka atau ada penimbunan-penimbunan,\" kata Vivid. Vivid menegasakan, akan memproses secara hukum oknum yang terbukti melakukan penimbunan. \"Sejauh ini belum ada yang melakukan penimbunan. Tapi kalau ada yang coba berani melakukan hal tersebut, kami akan cari dan proses secara hukum,\" tegas Vivid. Vivid berharap, bulan Ramadan hingga Idul Fitri tidak ada harga bahan pokok yang naik signifikan. Di mana, hal tersebut akan merugikan masyrakat secara umum.

Sementara itu, salah seorang pedagang di pasar Jagasatru, Neneg (32) menyebutkan, harga bawang putih dari Rp 30.000 per kilogram naik menjadi Rp 45.000 per kilogram. Kemudian, harga telor dari Rp 18.000 per kilogram, naik menjadi Rp 21.000 perkilogram.
Selain itu, harga daging ayam dari Rp 28.000, naik menjadi Rp 32.000 perkilogram. \"Kenaikan harga terjadi sejak tiga hari yang lalu,\" kata Neneng. (fazri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: