Komisi 3 Bakal Tinjau Mata Air Cibulakan

Komisi 3 Bakal Tinjau Mata Air Cibulakan

KUNINGAN - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kuningan Dede Sudrajat berjanji akan menindaklanjuti konflik sumber mata air di objek wisata Linggarjati Indah dengan melakukan peninjauan ke lokasi dalam beberapa waktu mendatang.

\"Kami sudah menerima laporan terkait keluhan para petani di tiga desa yaitu Linggarjati, Linggamekar dan Linggaindah. Namun, kami juga belum turun ke sana sehingga belum bisa berkomentar banyak. Namun ini akan menjadi bahan pembahasan kami di komisi III, dan tidak menutup kemungkinan kita lakukan peninjauan ke lokasi untuk melihat langsung persoalannya seperti apa,\" ungkap Dede, kemarin.

Dede mengatakan, pihaknya belum bersedia berkomentar banyak terkait konflik perebutan aliran air dari mata air Cibulakan tersebut karena khawatir menjadi polemik. Dijelaskan, pihaknya terlebih dahulu akan melakukan kajian terkait aturan atau mungkin MoU yang mungkin ada dalam hal pengelolaan air tersebut.

\"Kita juga akan melakukan kajian terkait regulasi terkait pemanfaatan air tersebut, atau mungkin ada MoU di sana yang akan kita dalami dulu. Secepatnya kita akan turun meninjau ke sana untuk menyelesaikan konflik tersebut,\" tutup Dede.

Seperti diberitakan sebelumnya, ratusan petani di Desa Linggarjati, Linggamekar dan Linggaindah mengeluhkan pengairan sawah mereka dari mata air Cibulakan sudah tidak lagi mengalir. Keresahan para petani tersebut kemudian berlanjut dengan melakukan pemeriksaan langsung ke mata air Cibulakan di objek wisata Linggarjati, dan ternyata ditemukan ada dua pipa berukuran besar menyedot air di sana. Diduga pipa berukuran 10 inchi tersebut menyedot air Cibulakan untuk kebutuhan usaha air tangki milik pribadi.

Kepala Desa Linggarjati Unang Unarsan datang berhasil menenangkan aksi para petani dari tiga desa tersebut dan berjanji akan menyelesaikan permasalahan air tersebut. Termasuk Camat Cilimus Hj Eny Sukarsih siap memfasilitasi pertemuan antara para petani dan pengusaha air tanki yang mengambil air dari Cibulakan tersebut. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: