Sempat Vakum 3 Tahun, Moka Kuningan Kembali Digelar

Sempat Vakum 3 Tahun, Moka Kuningan Kembali Digelar

KUNINGAN – Sempat vakum selama tiga tahun, kini Pasanggiri Mojang dan Jajaka (Moka) Kabupaten Kuningan akan kembali digelar. Namun tidak lagi memakai nama tersebut, sebab diubah menjadi event Kreatif Pasanggiri Moka Kabupaten Kuningan. Pada event kali ini, Kreatif Pasanggiri Moka Kuningan mengusung tema Rejuvinate Unicorn, artinya Si Windu (Kuda Kuningan) yang terlahir kembali di era milenial. Nantinya event ini bekerjasama antara Paguyuban Moka Kuningan dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan.

Ketua Paguyuban Moka Kuningan Eji Indriana menuturkan, pendaftaran Kreatif Pasanggiri Moka Kuningan akan dibuka selama 10 hari. Tepatnya pada Kamis (20/2) hingga Sabtu (29/2) mendatang. “Saya mengajak seluruh putra putri terbaik Kabupaten Kuningan untuk bergabung dalam kompetisi tersebut. Sekarang saatnya putra putri terbaik Kuningan berkontribusi dalam membangun kota tercinta ini,” ujar Eji saat memberikan keterangan persnya, Rabu (12/2).

Kontribusi yang dapat diberikan bagi pembangunan daerah yakni melalui bidang pariwisata maupun kebudayaan. Sebab dengan banyaknya potensi wisata yang bisa dikembangkan, moka dapat mempromosikan sekaligus memberi ide dan gagasan bagi kemajuan pariwisata Kabupaten Kuningan.

“Event kreatif ini bukan melulu tentang kontes kecantikan dan ketampanan semata, mengingat sebagai Mojang dan Jajaka itu harus memiliki sikap yang unggul. Nantinya sebagai pemuda atau pemudi Mojang Jajaka harus memiliki empat aspek penting yang harus dipegang di antaranya pengkuh agamana (kuat iman), luhung elmuna (tinggi ilmu), jembar budayana (tidak gagap budaya), rancage gawena (berprestasi),” papar dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, penilaian tidak sebatas hanya secara fisik dari masing-masing peserta Moka. Melainkan ada aspek-aspek lain yang menjadi poin penilaian secara objektif. “Rangkaian dari perhelatan ini kurang lebih selama satu bulan, dimulai dari audisi peserta pada tanggal 1 Maret 2020, photoshot tanggal 8 Maret 2020, Mojang Jajaka Peduli tanggal 15 Maret 2020, serta Karantina dan Unjuk Kabisa di tanggal 26 Maret 2020. Kemudian untuk grand final pada tanggal 28 Oktober 2020, yang rencananya dihelat di sebuah hotel di pusat Kota Kuningan,” sebutnya.

Dia mengarahkan, untuk informasi lebih lanjutnya bisa diakses melalui laman instagram @mokakuningan. Bagi pemenangnya, selain dikirimkan dalam perhelatan serupa di tingkat Jawa Barat akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah, trofi, dan beberapa hadiah menarik lainnya. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: