Reservoir Kapasitas 9 Ribu Meter Kubik Milik Perumda Air Minum Kota Cirebon Masih Butuh Uji Coba

Reservoir Kapasitas 9 Ribu Meter Kubik Milik Perumda Air Minum Kota Cirebon Masih Butuh Uji Coba

Dengan debit air dari mesin pengolahan ke reservoir 860 liter/detik, perhitungan kapasitas reservoir 9 ribu meter kubik bisa diisi penuh hanya dalam waktu 3 jam saja. Sementara kapasitas existing reservoir yang dimiliki Perumda Air Minum yakni Resevoir Gunungsari 2.500 meter kubik.

Tetapi, reservoir Gunungsari belum difungsikan mengingat belum diketahui hasil uji keandalan strukturnya saat ini. Selain itu, ada rencana mengoperasikan Reservoir Prujakan dengan kapasitas 875 meter kubik. Namun, kondisinya sama dengan Gunungsari.

Selanjutnya Resevoir Kepompongan kapasitas 2 ribu meter kubik berfungsi dan melayani wilayah Majasem dan sekitarnya.

Bila ditotal kapasitas reservoir yang dimiliki Perumda Air Minum adalah 14.375 meter kubik. Sementara untuk memenuhi kebutuhan ideal, reservoir yang tersedia harusnya mencapai 15 ribu meter kubik.

Anggota Komisi II DPRD Kota Cirebon, M Noupel SH MH, meminta Perumda Air Minum untuk melakukan sosialisasi dan pemberitahuan jauh-jauh hari kepada pelanggannya, bila nantinya ada gangguan dari proses tes Reservoir Plangon ini.

\"Nanti setelah dioperasikan reservoir ini, kata dirutnya sekitar Juni 2020. Harus ada perbedaan positif yang diterima pelanggan. Artinya semua pelanggan bisa terlayani dengan baik,\" tegasnya. (ade)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: