AFFCO Cirebon Peringati HUT Ke-63 Astra

AFFCO Cirebon Peringati HUT Ke-63 Astra

CIREBON - Sebagai bentuk rasa syukur atas perjalanan PT Astra Internasional; TBK, Astra Group Affiliated Companies (Affco) Communication Forum di wilayah Ciayumajakuning menggelar acara syukuran bertempat di Orchid lt. 1 Grage Hotel Cirebon, kemarin (20/2).

Dalam kegiatan tersebut, Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk, Prijono Sugiarto memberikan sambutan yang disampaikan oleh Koordinator Wilayah (Korwil) AFFCO Cirebon, H Winarno. Pihaknya mengungkapkan, dengan mempertahankan optimisme dalam mengarungi gejolak perekonomian yang makin menantang, Astra bisa hadir hingga saat ini. Dukungan dan kerja keras lebih dari 226.105 insan Astra yang tersebar di 253 perusahaan menjadi salah satu penunjang, sehingga dapat terlampauinya 2019 dengan baik.

Tahun 2019 juga merupakan tahun persiapan dan pematangan Astra untuk merumuskan tujuan tahap panjang selanjutnya yaitu \"Astra Beyond 2020\". \"Direksi Astra juga sudah merumuskan bahwa gold Astra 2030 adalah bagaimana membuat Astra tetap menjadi kebanggaan bangsa dengan melanjutkan strategi Triple-P roadmap (Portofolio, People, and Public Contribution Roadmap) yang telah dijalankan selama ini,\" jelasnya.

Ekonomi dunia hingga saat ini pun masih menunjukkan dinamika yang menantang. Hasil survei terakhir, dari 23rd Annual Global CEO Survey yang dilakukan oleh PWC Consulting terkait dengan kondisi bisnis di tahun 2020, terlihat ada tiga hal utama yang menjadi ancaman bagi para CEO global. Yakni penciptaan regulasi yang berlebihan, perang dagang, dan ketidakpastian kondisi makro ekonomi dunia.

Pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam aktivitas korporasi pun menjadi salah satu cara dalam mempertahankan pertumbuhan di masa depan. Meski demikian, pada saat yang bersamaan berbagai bisnis model baru seperti platform bisnis sedang diuji validitasnya menuju ekuilibrium baru yang lebih riil dan pragmatis.

\"Astra harus dapat memanfaatkan teknologi dan berinovasi sebagai salah satu competitive edge dalam lanskap persaingan bisnis yang makin ketat di tahun ini,\" terangnya.

Sementara di dalam negeri, kondisi makro ekonomi Indonesia juga menunjukkan tren yang relatif stagnan dibandingkan tahun 2019. Berbagai pihak baik dari pemerintah maupun institusi Internasional (IMF, World Bank, ADB) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan tumbuh di kisaran 5% (5,1%-5,3%). Dalam mencapai goal selanjutnya, tiga strategi utama yakni Triple-P Roadmap pun akan tetap dilakukan antara lain Portofolio Roadmap dengan fokus pada akselerasi operational excellence, leverage our own natural capabilities dan pemanfaatan teknologi serta aplikasi digital untuk mempertahankan pertumbuhan bisnis Astra.

People Roadmap tetap fokus pada penguatan kepemimpinan dalam era digital, dengan terus mengembangkan start-up spirit di dalamnya, serta mempertahankan fungsi Human Resources di dalam perusahaan. Kemudian Public Contribution roadmap dengan fokus terus menciptakan inisiatif-inisiatif kontribusi sosial berkelanjutan yang unggul serta benar-benar memberikan solusi riil kepada problem yang ada di masyarakat.

\"Satu Indonesia Awards dan Kampung Berseri Astra- Desa Sejahtera Astra menjadi flagship program kita yang terus memberikan manfaat bagi masyarakat luas,\" ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah (Koorwil) AFFCO Cirebon, H Winarno mengungkapkan sejalan dengan Astra Beyond 2020, HUT ke-63 Astra mengambil tema Pride Pride of The Nation. Diharapkan dengantema ini insan Astra bisa terus berkarya, berinovasi, dan memberikan kontribusi positif baik bagi perusahaan sekaligus bagi bangsa. Tahun ini, Astra pun meluncurkan gerakan Semangat Kurangi Plastik yang berangkat dari keprihatinan terhadap masalah yang ditimbulkan oleh sampah plastik.

\"Kita akan mulai dari para pegawai dahulu yang kemudian ditularkan pada keluarga dan ditularkan pada semua masyrakat,\" tuturnya.

Melalui partisipasi manajemen dan karyawan serta jaringan value chain yang Astra miliki, pihaknya optimis hal ini mampu menghadirkan solusi dalam pemecahan masalah ini demi perbaikan lingkungan ke depan. (apr/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: