Puluhan Pucuk Senpi Ilegal Disita Polisi

Puluhan Pucuk Senpi Ilegal Disita Polisi

Kepemilikan senjata api tanpa keterampilan pengendalian diri memang berbahaya. Bahkan, sebut Adrianus, perilaku pemilik senpi ini cenderung arogan dan tempramental.

\"Senjata api ini akan mengubah gaya hidup, akan mengubah cara orang berperilaku, orang lebih percaya diri, panasan, tempramental, orang bilang \'trigger happy\' semua hal mau diselesaikan dengan senjata,\" kata Adrianus.

Komisioner Ombudsman RI ini juga menyebut pengungkapan tindak pidana kepemilikan senpi ilegal ini merupakan alarm bagi penegak hukum.

\"Kalau melihat dari ini ada yang pakai silencer tentu saja lalu kita berpikir jangan-jangan ini sudah menjadi kota-kota yang penuh dengan senjata api. untuk itu maka permintaan atau \'call\' kepada kepolisian untuk fokus rasanya pantas diangkat,\" terang Adrianus.

Bahkan, Adrianus menduga jumlah pelanggaran terhadap pasal 1 ayat (1) Undang-undang Darurat 12/1951 ini melebihi perkiraan.

\"Jadi kalau Polda metro mendapatkan kasus yang seserius ini maka kita juga bisa menduga di luar sana masih banyak yang seperti ini,\" tukasnya. (irf/gw/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: