Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis 3 Bulan ke Depan

Begini Cara Dapat Token Listrik Gratis 3 Bulan ke Depan

CIREBON - Tiga bulan ke depan dari April hingga Juni, akan ada keringan tarif dasar listrik. Bahkan Presiden Jokowi sudah memutuskan, untuk pelanggan 450 VA (volt ampere) digratiskan. Sementara pelanggan 900 VA mendapat diskon 50 persen.

“Tarif listrik pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama tiga bulan ke depan. Sedangkan pelanggan 900 VA yang jumlahnya sekitar tujuh juta pelanggan akan didiskon 50 persen. Artinya bayar separuh saja untuk April, Mei, dan Juni,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers melalui video conference dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (31/3) lalu.

Lantas bagaimana aksesnya dengan pelanggan yang menggunakan token alias prabayar? Kantor PLN UP3 Cirebon mengumumkan lewat akun instagram resminya bahwa token gratis dari PLN untuk pelanggan rumah tangga prabayar 450 VA dan 900 VA subsidi sudah bisa diakses.

Baca juga: Tiga Bulan Listrik Gratis, PLN: Kami Sangat Mendukung

Dalam keterangannya, pelanggan dapat memperolehnya dengan mengirimkan nomor ID Pelanggan ke WA nomor 08122-123-123 atau melalui website PLN www.pln.co.id. Dengan ID tersebut, pelanggan akan mendapatkan token senilai pemakaian tertinggi dalam 3 bulan terakhir untuk pelanggan 450 VA. Sementara sebesar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan 900 VA bersubsidi, dihitung dari pemakaian bulanan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Untuk akses melalui website, berikut caranya:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19;
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar;
  3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan;

Atau Anda juga bisa mengakses melalui WA ke nomor 08122-123-123, dengan cara:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp;
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan;
  3. Token gratis akan muncul;
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan;

\"Saat ini ada sekitar 24 juta data pelanggan rumah tangga 450 VA, ditambah 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang harus dimasukkan ke dalam sistem. Proses ini akan tuntas dalam sepekan ke depan, atau paling lambat tanggal 11 April seluruh pelanggan yang digratiskan sudah dapat terlayani seluruhnya,\" tulis admin dalam keterangannya. (hsn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: