Bentuk Relawan, KNPI Semprotkan Disinfektan

Bentuk Relawan, KNPI Semprotkan Disinfektan

KUNINGAN – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap penanganan virus corona (Covid-19), DPD KNPI Kabupaten Kuningan membentuk relawan Pemuda Tangkal Corona (Peta). Relawan ini merupakan implementasi dari program Badan Otonom Pemuda Tanggap Bencana DPD KNPI Kuningan, khusus melakukan penanganan pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam aksinya, relawan Peta akan mendatangi sekretariat DPK KNPI se-Kabupaten Kuningan untuk penyemprotan disinfektan. Bahkan, KNPI juga siap melakukan aksi serupa terhadap fasilitas umum berupa rumah ibadah hingga rumah warga, jika betul-betul dibutuhkan.

“Upaya penanganan Covid-19 adalah hal yang tidak hentinya mendapat perhatian dari semua unsur baik pemerintah, TNI, Polri dan juga elemen masyarakat dan pemuda. Kita semua berjibaku sekuat tenaga agar pandemi Covid-19 ini tidak menyebar luas,” kata Ketua DPD KNPI Kuningan, Masuri saat memberikan keterangan persnya, Rabu (1/4).

Menurutnya, langkah ini dilakukan dalam upaya preventif memutus rantai penyebaran Covid–19. Jika ada masyarakat yang membutuhkan bantuan penyemprotan disinfektan, agar bisa memberitahukan kepada tim relawan.

“Bagi masyarakat yang minta disemprotkan disinfektan, tinggal kasih tahu saja, insya Allah kami bantu. Namun kita butuh partisipasi yang lebih dari masyarakat dalam penanganan wabah Corona ini, perjuangan ini akan terus kita laksanakan sampai wabah Covid-19 berakhir,” jelas dia.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat patuh terhadap imbauan prioritas pemerintah agar tidak mendatangi tempat-tempat keramaian ditengah wabah Covid-19. Apalagi mengumpulkan banyak orang di satu tempat, atau pun berkerumun banyak orang sangat tidak diperbolehkan. Terkait kegiatan penyemprotan disinfektan, tim relawan sudah melakukan di beberapa tempat seperti Sekretariat DPD KNPI Kuningan, Gedung Kesenian, Sekretariat OKP tingkat kabupaten, rumah ibadah, fasilitas umum, dan masyarakat umum yang mengajukan, serta membagikan hand sanitizer dan masker.

“Kami juga akan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran Covid-19 kepada masyarakat, dengan tujuan untuk memberikan informasi yang benar dan bukan hoax, agar masyarakat merasa terbantu dan tidak panik namun tetap waspada. Kami berharap, aksi ini akan dilakukan secara berkelanjutan hingga situasi di Kabupaten Kuningan dinyatakan aman dan terbebas dari Virus Corona. Sebab langkah ini suatu bentuk kepedulian dari pemuda untuk masyarakat Kuningan,” imbuh dia. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: