Ratusan Antre Penyemprotan Disinfektan

Ratusan Antre Penyemprotan Disinfektan

CIREBON - Palang merah Indonesia (PMI) Cabang Kota Cirebon sudah dua pekan melakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat-tempat yang menjadi fasilitas umum. Namun, masih ada ratusan tempat yang telah mengajukan permohonan penyemprotan dan masuk waiting list.

Sekretaris PMI Kota Cirebon, Dra Hj Sumarni menjelaskan, penyemprotan cairan disinfektan merupakan program serentak yang diinstruksikan oleh PMI pusat. Di Kota Cirebon, penyemprotan sudah berlangsung sejak 15 Maret lalu, dan masih akan berlangsung hingga dua pekan kedepan.

Dalam kurun waktu dua pekan ini, tercatat sudah hampir 200 titik yang telah dilayani penyemprotan disinfektan oleh pasukan relawan PMI. “Masih ada 130-an titik lagi permintaan dari masyarakat agar fasilitas umum dan fasilitas sosial lainnya dikakukan penyemprotan. Mudah-mudahan terkejar sampai sebelum puasa,” ujar Sumarni, kepada Radar Cirebon, Kamis (2/4).

Dia memaparkan, untuk stok cairan disinfektan yang tersedia saat ini juga diharapkan masih cukup untuk melayani permintaan pelayanan penyemprotan. Formula cairan disinfektan itu merupakan dropping dari PMI pusat. Saat ini masih tersedia formula untuk dicampurkan dengan air yang bila dikonversikan bisa menjadi sekitar 20 ribuan liter.

Setiap harinya para relawan yang keliling menyemprot disinfektan di 8-10 titik. Tiap titik berbeda-beda waktu penyemprotannya. Bila tempatnya tidak terlalu luas cukup 10-15 menit di titik tersebut. Tetapi bila tempatnya besar, tentu akan lebih lama.

Untuk pelayanan penyemprotan yang dilayani diutamakan bagi fasilitas umum terlebih dahulu. Masyarakat bila ingin mendapat pelayanan penyemprotan bisa mengirim surat melalui aparat pemerintahan setempat, tapi menunggu gilirannya tidak bisa cepat karena masih banyaknya antrean yang belum terlayani. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: