Sampah Berkurang, DLH Kurangi Ritasi Pengangkutan

Sampah Berkurang, DLH Kurangi Ritasi Pengangkutan

CIREBON- Sejak merebaknya virus corona, pemerintah mengimbau adanya physical distancing. Sejumlah aktivitas diliburkan. Hal ini berdampak pada produksi sampah harian yang menurun.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon mencatat, saat hari hari biasa, produksi sampah harian di Kota Cirebon rata rata sebesar 800 meter kubik. Namun seiring dengan adanya pembatasan aktivitas di luar rumah, produksi sampah telah berkurang sekitar 20 persen.

Hal ini disebabkan oleh beberapa tempat seperti pusat perbelanjaan, restoran dan tempat tempat keramaian lainya mengurangi aktifitasnya secara signifikan. Namun demikian, Kepala DLH Kota Cirebon, Drs H Abdullah Syukur MSi memastikan kegiatan pengangkutan sampah akan tetap dilakukan seperti biasanya.

Pelayanan pengangkutan sampah dari tingkat rumah tangga yang dikelola swadaya oleh masyarakat hingga pengangkutan sampah dari TPS ke TPA yang dilakukan oleh DLH masih berjalan norml.

\"Pelayanan sampah akan tetap berjalan  sebagaimana biasanya. Meskipun ada pandemi virus corona, tapi pelayananya tidak boleh terganggu,\" ungkapnya.

Syukur menambahkan, berdasarkan pantauan di sejumlah TPS, kini tak ada lagi penumpukan sampah yang parah. Pengangkutan sampah juga bahkan mengalami pengurangan ritasi.

\"Di TPS-TPS tertentu yang volume sampahnya tinggi, biasa loading sampah bisa dilakukan beberapa rit, namun kali ini bisa dilakukan dengan berkurang,\" tukasnya.

penyebaran virus corona dapat diputus mata rantainya. Dengan tetap di rumah, serta menjaga pola hidup bersih dan sehat. Pemerintah Daerah Kota Cirebon melalui DLH, tetap melayani masyarakat dengan terus bekerja menjaga kebersihan Kota Cirebon.

“Peran aktif masyarakat menjadi hal penting dalam menjaga kebersihan. Lingkungan bersih, masyarakat sehat, nyaman di hati,” kata Syukur.

Disampaikan dia, untuk menjaga kebersihan DLH tetap melaksanakan tugasnya. Baik petugas penyapu jalan, sampai pengangkutan. Mobil-mobil pengangkut sampah ke TPA juga tetap melakukan pengangkutan sampah dari TPS.

“DLH berusaha mewujudkan Cirebon Bersih 2020. Kami berusaha menjaga kebersihan kota untuk kenyamanan masyarakat,” tandasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: