Pasokan Elpiji 3 Kg Lebih dari Cukup, Pertamina Bakal Tindak Agen Nakal

Pasokan Elpiji 3 Kg Lebih dari Cukup, Pertamina Bakal Tindak Agen Nakal

INDRAMAYU - Pihak pertamina mengaku heran kalau di lapangan ada keluhan tentang kelangkaan gas elpiji 3 kg di Kabupaten Indramayu. Pasalnya, pasokan elpiji 3 kg untuk wilayah Kabupaten Indramayu, Kabupaten dan Kota Cirebon baru saja ditambah.

Hal ini sebagai antisipasi atas anjuran pemerintah agar masyarakar tetap berada di rumah, untuk menekan penyebaran virus corona (Covid-19).

“Kalau memang ada kelangkaan tolong tunjukan titiknya dimana, dan kalau benar ada agen elpiji maupun pangkalan yang nakal tentunya akan kami tindak tegas,” kata Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOT III Dewi Sri Utami kepada Radar Cirebon, Minggu (5/4).

Dewi mengungkapkan, begitu mendengar adanya keluhan masyarakat tentang kelangkaan elpiji 3 kg, langsung melakukan sidak ke lokasi yang dimaksud. Termasuk mendatangi sejumlah agen dan pangkalan.

“Dari hasil pengecakan di lapangan ternyata stok elpiji 3 kg masih banyak,” tegasnya.

Sebelumnya, Dewi juga menjelaskan bahwa penambahan pasokan elpiji 3 kg di Kabupaten Indramayu dilakukan bertahap dengan penambahan lebih dari 70%  menjadi sekitar 187 ribu tabung. Penambahan telah dilakukan pada Sabtu (4/4) hingga Senin (6/4).

“Kami memprediksi kenaikan kebutuhan elpiji, sejalan dengan kebijakan pemerintah agar masyarakat beraktivitas dari rumah dan meningkatkan aktivitas memasak di rumah. Namun di sisi lain, warung makan yang selama ini banyak menggunakan elpiji subsidi, juga mengalami penurunan konsumsi sehingga turut mengurangi kebutuhannya akan elpiji 3 kg ini,” ujarnya.

Dewi menegaskan, masyarakat yang berhak dapat membeli elpiji subsidi dengan mudah di pangkalan elpiji resmi pertamina. Terdapat total 3.386 pangkalan, 64 agen elpiji subsidi resmi pertamina di wilayah Cirebon dan Indramayu yang tersebar hingga seluruh desa.

Dengan membeli di pangkalan resmi pertamina, masyarakat akan memperoleh harga sesuai harga eceran tertinggi (HET) berdasar SK Bupati, yakni Rp 16.000 per tabung, serta terjamin keasliannya.

Terpisah, Koordinator Hiwana Migas wilayah Kabupaten Indramayu, Asep Syaefudin, juga membenarkan kalau pertamina memang telah menambah pasokan gas elpiji 3 kg untuk wilayah Kabupaten Indramayu dan Cirebon. (oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: