Seluruh Event dan Panggungan Dicancel

Seluruh Event dan Panggungan Dicancel

CIREBON– Sejumlah seniman mengaku terdampak langsung dengan pandemik Covid-19. Sudah sekitar sebulan terakhir, jadwal manggung ataupun kegiatan lainnya berhenti total. Terlebih, banyak event dan kegiatan seni budaya yang dicancel. Sehingga berdampak langsung bagi pelaku seni dan budaya, serta keluarga besarnya.

Hal tersebut disampaikan seniman dan budayawan Cirebon, H Taufik saat ditemui Radar Cirebon, kemarin. Menurutnya, pandemik virus corona selain menyerang kesehatan, juga menyerang sektor perekonomian masyarakat. Tak terkecuali para seniman dan budayawan yang mayoritas mengandalkan penghasilannya dari kegiatan tampil atau manggung.

“Banyak sanggar dan komunitas seniman yang terdampak. Sekarang tidak ada lagi panggungan, semuanya berhenti total. Jadwal event-event seni besar pun tidak bisa dijalankan. Seniman otomatis salah satu bagian yang terdampak karena corona ini,” ujarnya.

Menurut H Taufik, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Disbudparpora Kabupaten Cirebon terkait kemungkinan para seniman di Kabupaten Cirebon agar bisa mendapatkan stimulus atau bantuan dari pemerintah selama masa pandemi virus corona.

“Sudah kita komunikasikan. Saat ini, kita sudah menyiapkan sejumlah kelengkapan, pendataan sudah mulai kita lakukan. Yang baru terdata saat ini sekitar 600-an orang,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, bantuan dari pemerintah tersebut bisa mencakup dan memasukan seniman ke dalam kategori yang bisa dibantu oleh pemerintah terkait dampak pandemi virus corona. Terlebih, saat ini semua event-event baik skala kecil maupun besar dicancel seluruhnya.

“Harapan kami, pemerintah juga memperhatikan seniman. Di kala kondisinya seperti ini, tentu seniman akan sangat terdampak. Sekarang mau manggung di mana? Mau mentas di mana? Smua acara dicancel sampai batas waktu yang tidak ditentukan,” ungkapnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: