Kawanan Perampok Takluk Ditembak Anggota Brimob saat Aksi di Jalur Arjawinangun dan Palimanan

Kawanan Perampok Takluk Ditembak Anggota Brimob saat Aksi di Jalur Arjawinangun dan Palimanan

CIREBON - Kawanan perampok yang biasa beraksi di jalur pantura dengan menyasar sopir-sopir truk yang tengah parkir, akhirnya takluk. Tiga orang dilumpuhkan anggota  Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar di jalan raya Arjawinangun-Palimanan, Selasa dini hari lalu (7/4) sekitar pukul 02.30 WIB.

Ketiga pelaku adalah NAS alias A (57) warga Kampung Tambun, Bekasi, NMS alias U (47) warga Kp Srengseng, Suka Mulya, Kabupaten Bekasi, dan NMZ alias O (43) warga Kp Sawah, Jatiwarna, Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi.

Informasi yang dihimpun Radar Cirebon, penangkapan terhadap ketiga pelaku berawal saat Bripka Sugeng Prabowo yang ketika itu siaga piket. Dia berada di depan gerbang Markas Komando Kompi 4 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar di jalur Arjawinangun-Palimanan, tepatanya Desa Winong, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa dini hari (7/4) sekitar pukul 02.30 WIB.

Sugeng kemudian melihat mobil Avanza berwana hitam tiba-tiba berhenti di belakang mobil boks Hino. Tak lama, salah satu pelaku turun dari mobil Avanza lalu mendekat  ke samping kanan. Tidak lama kemudian, pelaku kembali masuk ke mobil Avanza.

Saat diamati, mobil Avanza itu pergi. Tapi kemudian datang lagi dan berhenti persis di belakang mobil boks Hino.

“Di situ anggota kami (Sugeng, red) melihat pelaku turun dari mobil dengan membawa besi dan berusaha membuka paksa pintu belakang mobil boks Hino. Melihat kejadian tersebut Bripka Sugeng Prabowo meminta bantuan kepada anggota lainnya yang juga sedang berjaga,\" papar Danyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar AKBP M Andri, Jumat (10/4).

Ya, Bripka Sugeng Prabowo mendatangi temannya dan menjelaskan ada upaya perampokan yang terjadi di depan Mako Kompi 4 Batalyon C Pelopor Sat Brimob Polda Jabar. Mendengar penjelasan itu, anggota yang piket dini hari itu langsung bergegas menggerebek para tersangka yang sedang beraksi.

Rupanya para pelaku saat itu melihat anggota Brimob bersenjata lengkap datang ke arah mereka. Seketika para pelaku juga bergegas masuk mobil Avanza dan melarikan diri. Namun, upaya pelarian mereka gagal saat dua tembakan dari anggota Brimob akhirnya mengenai mobil Avanza itu.

“Anggota yang piket memberikan tembakan peringatan. Namun tidak dihiraukan pelaku. Sehingga anggota kami akhirnya menembak ban belakang mobil Avanza dan mesin bagian kanan. Pelaku percobaan perampokan itu akhirnya menyerahkan diri kepada anggota piket,” kata AKBP M Andri.

Dari tangan tersangka, polisi mengamankan pula mobil Avanza dengan dua nopol berbeda. Yakni B 1369 FKA dan B 2767 BFD. Polisi juga berhasil menyita kunci leter T, gunting pemotong baja, besi pencongkel, dua buah dongkrak, dua buah tang, alat-alat perbengkelan, tiga buah telepon genggam, fotokopi STNK dan surat kehilangan.

Setelah penangkapan tersebut, Brimob berkoordinasi dengan Polsek Gempol dan menyerahkan para pelaku guna diproses sesuai dengan hukum yang berlaku. “Para pelaku dan barang buktinya diserahkan ke Polsek Gempol untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tandas M Andri.

Sementara Kapolsek Gempol Kompol Ali Mashar membenarkan pihaknya mendapatkan limpahan dari anggota Brimob yang berhasil menggagalkan percobaan perampokan. “Ya percobaan perampokan. Sekarang masih kami kembangkan,” kata Ali Mashar. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: