Aktivitas Timnas U-16 Terhenti, Para Pemain Jalani Individual Training

Aktivitas Timnas U-16 Terhenti, Para Pemain Jalani Individual Training

JAKARTA - Akibat pandemi virus corona atau Covid-19 aktivitas tim nasional (Timnas) sepak bola Indonesia berbagai usia harus terhenti. Tak terkecuali kegiatan punggawa Timnas Indonesia U-16 pun terhenti akibat virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Padahal, sejak awal tahun Januari 2020 lalu, Timnas U-16 terus mematangkan diri guna menghadapi agenda turnamen internasional pada tahun 2020. Sepanjang tahun ini, terhitung sudah tiga kali pemusatan dilakukan punggawa Garuda Asia.

Pemusatan latihan ini rutin digelar setiap bulan. Pasalnya, anak asuh Bima Sakti ini akan mengikuti ajang prestius Piala AFF U16 dan Piala Asia U16.

Sayang, kegiatan rutin itu kali ini harus terhenti. Bahkan, pada pelatnas edisi ketiga pada Maret, lalu, pemain Timnas U-16 harus pulang sebelum program latihan yang diberikan Bima Sakti selaku pelatih kepala berakhir lantaran penyebaran virus corona yang semakin meluas.

“Berdasarkan arahan dari Presiden Republik Indonesia terkait dengan pandemi global Covid-19 (virus corona) yang disampaikan melalui pidato tanggal 15 Maret 2020, arahan Gubernur DKI Jakarta serta mencermati penyebaran Covid-19 di beberapa daerah di Indonesia, serta instruksi dari Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melalui Sekretaris Jenderal Ratu Tisha Destria, maka dengan ini, saya dan staf pelatih memutuskan untuk menghentikan kegiatan pemusatan latihan di Bekasi,” ujar Bima Sakti, beberapa waktu lalu saat menghentikan pelatnas di Bekasi, Jawa Barat.

“Pertimbangan utamanya, tentu pada kesehatan para pemain dan semua yang ada di tim ini. Pemain muda ini adalah cikal bakal pemain tim nasional Indonesia di masa depan kelak nanti. Sebenarnya, kami masih ada beberapa program latihan dan uji coba, namun tak masalah. Akan kami rampungkan nanti di pemusatan latihan berikutnya, tentu dengan melihat dan setelah virus corona ini berakhir,” tambahnya.

Meski tanpa pelatnas ataupun pertandingan, para pemain Timnas Indonesia U-16, tetap menjalani individual training di rumahnya masing-masing. Seperti diceritakan penggawa Timnas U-16, yakni Muhammad Valeron, Atthalah Arraihan, Alexandro Felix Kamuru dan Marselino Ferdinand.

Dikutip dari situs resmi PSSI, Sabtu (11/4) kemarin, keempatnya saat ini menjalani kesehariannya di tempatnya masing-masing, sambil mengerjakan pekerjaan rumah yang diberikan dari para pelatih mereka yang dikomandoi, Bima Sakti Tukiman.

“Kami mengikuti saran yang diberikan pelatih, tetap berlatih meski di tempat kami, menjaga ibadah, kebugaran, kemampuan sepak bola kami, pola makan dan istirahat,” tutur Valeron diamini tiga pemain lainnya.
Selain itu, mereka juga berpesan kepada masyarakat Tanah Air, agar bisa menjaga kesehatannya di tengah merebaknya virus corona di Indonesia.

“Jangan lupa cuci tangan, ikuti saran dan anjuran yang diberikan pemerintah. Kita semua berharap, semoga semua ini bisa selesai dengan segera. Kami rindu suasana saat TC dan bermain sepak bola,” tutupnya. (gie/fin/der)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: