Distan Pastikan Petani Tetap Tanam

Distan Pastikan Petani Tetap Tanam

CIREBON - Meski di tengah pandemi wabah covid-19, Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon memastikan para petani tetap bekerja di sawah, agar produksi pangan tetap aman. Tetapi, Distan menerapkan protokol covid-19 kepada para petani.

“Bisa dibayangkan kalau petani ikut tidak bekerja di sawah karena covid-19. Maka produksi pangan kita akan terancam. Namun saya pastikan petani tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa di sawah,” tegas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cirebon, Dr Ir H Ali Effendi MM kepada Radar, kemarin.

Ali mengatakan, pihaknya sudah melakukan pembekalan kepada para penyuluh pertanian yang ada di Kabupaten Cirebon, terutama untuk protokol kesehatannya.

“Protokol covid-19 sudah bisa diterapkan di pertanian. Tujuannya, agar para petani tidak terserang covid-19. Seperti perhektar biasanya yang bekerja bisa sampai 20 hingga 25 orang. Sekaranh cukup dengan 5 orang saja. Sehingga, jaga jarak bisa diterapkan di area pertanian,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Ali mengatakan pertanian di Kabupaten Cirebon ada sekitar 30 persen yang sudah melakukan panen. “Panen baru sekitar 30 persen, hingga Mei mendatang,” ujarnya.

Untuk di sektor ketersediaan daging, baik daging ayam, sapi dan kambing, Ali memastikan stok aman. “Hanya saja, itu permintaan mengalami penurunan, sehingga di RPH yang biasanya memotong banyak, namun karena permintaan sedikit jadi pemotongan hewan agak berkurang,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Pertanian Waled, Hentiyo AMd membeberkan, akan sangat berisiko ketika wabah covid-19 menyerang pertanian. “Jelas sangat berbahaya. Kalau petani libur tidak bekerja. Apalagi sampai terserang covid-19 itu sangat berbahaya bagi stok pangan kita,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya akan terus memaksimalkan agar para petani tidak terserang covid-19. “Para penyuluh pertanian sudah menyampaikan dan melakukan pendampingan agar para petani juga bisa menerapkan jaga jarak agar bisa terhindar dari covid 19,” tuturnya.

Hentiyo memastikan, petani yang ada di wilayahnya tetap melakukan aktivitas seperti biasa. “Petani bekerja seperti biasa di sawah. Ada yang tengah mempersiapkan panen, ada juga yang tengah melakukan perawatan padi seperti biasa,” ujarnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: