Kemenag Sediakan Layanan E-Learning

Kemenag Sediakan Layanan E-Learning

MAJALENGKA - Kementerian Agama mendukung penuh kebijakan pemerintah dalam memberlakukan work from home, dan study from home bagi para siswa di madrasah atau lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama. Dalam rangka percepatan penanganan dan pemutusan mata rantai Coronavirus Disease (Covid-19).

Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Agama (Kemenag) Majalengka H Seepulloh MA menjelaskan, untuk mendukung kebijakan study from home ini, Kementerian Agama RI telah menyediakan layanan E-Learning yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh siswa dan madrasah di semua jenjang tingkatan.

“E-learning Madrasah adalah sebuah aplikasi gratis produk Madrasah yang ditujukan untuk menunjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidayah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), agar lebih terstruktur, menarik dan interaktif,” ujarnya, kepada wartawan Minggu (12/4).

Menurutnya, E-learning Madrasah memiliki 6 role akses di antaranya Operator Madrasah (Administrator), Guru Mata Pelajaran, Guru Bimbingan Konseling, Wali Kelas, Siswa, serta Supervisor (Kepala Madrasah dan jajarannya).
Dia menyebutkan, saat ini di Kabupaten Majalengka terdapat 84 lmbaga MI, 84 lembaga MTs, 33 lembaga MA, dan 305 lembaga RA. Seluruhnya, kata dia, telah siap menggunakan sistem pembrlajaran E-learning secara online.
Dia menambahkan, dengan penerapan E-Learning ini, diharapkan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) seluruh siswa madrasah di bawah binaan Kemenag Kabupaten Majalengka dapat terjaga sesuai dengan kurikulum yang telah ditentukan. Sehingga, para siswa dapat terus mengenyam kurikulum pendidikan dengan lancar meskipun tidak bertatap muka secara langsung. Bagi para siswa, E-learning sendiri memiliki banyak manfaat di  antaranya lebih memudahkan belajar di rumah manfaat untuk memahami materi, sebab materi bahan ajar dapat diupload langsung oleh para guru dan dibagikan kepada para siswa yang dapat langsung diunduh dan dipelajari dari rumah masing-masing siswa melaui gawainya. (bae).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: