Taspen Life Perkuat Posisi di Industri

Taspen Life Perkuat Posisi di Industri

CIREBON - Pertumbuhan bagus di segmen asuransi kumpulan dan individu menjadi modal berharga bagi Taspen Life untuk meningkatkan segmen pasar di industri asuransi. Kehadiran PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) menambah pilihan baru bagi masyarakat dalam mempersiapkan rencana keuangan melalui perlindungan asuransi.

Berdiri sejak tahun 2014, Taspen Life belajar dari perusahaan-perusahaan asuransi lain yang sudah berdiri lebih dulu. Perusahaan mengikuti regulasi dalam menerapkan risk management dengan baik, serta good corporate governance (GCG) yang dijalankan. Sehingga, perusahaan bisa eksis dan memenangkan pasar.

Menyandang nama besar PT Taspen (Persero), menjadi tantangan tersendiri bagi Taspen Life. Sebab, dari sisi produk, teknologi, dan pelayanan, harus bisa selaras dan minimal menyamai apa yang sudah dilakukan induk perusahaan tersebut. Hal ini terutama karena Taspen Life memasuki pangsa pasar Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kekuatan dan penopang bisnis Taspen Life berasal dari bisnis asuransi kumpulan dengan pasar BUMN dan non BUMN. Ada tujuh produk asuransi kumpulan yang dimiliki, yakni Taspen Group Endowment, Taspen Group Whole Life, Taspen Group Annuity, Taspen Save, Taspen Credit Life, Taspen Group Term Life, Taspen Group Personal Accident.

Per Desember 2019, porsi pendapatan bisnis dari asuransi kumpulan mencapai 82,16%, sementara 17,84% dari asuransi individu. Pertumbuhan asuransi individu per Desember 2019 sangat signifikan, yaitu sebesar 576,20% dari periode tahun sebelumnya. Taspen Life terus mendorong pertumbuhan pada lini individu lebih kencang lagi. Selain membidik ASN, pasar individu bisa pula menyasar keluarga ASN menyebar hingga ke teman atau tetangga ASN hingga skala yang luas.

Ada dua produk individu yang saat ini menjadi primadona dalam mendulang perolehan premi. Yakni Taspen Dwiguna Sejahtera dan Taspen Proteksi Beasiswa. Taspen Dwiguna Sejahtera merupakan premi tunggal endowment dengan premi senilai Rp5 juta dan Rp10 juta. Untuk premi senilai Rp5 juta Uang pertanggungan (UP) yang dibayarkan sebesar Rp30 juta (meninggal dunia) dan Rp60 juta (meninggal dunia karena kecelakaan). Sementara untuk premi yang Rp10 juta up-nya dua kali lipat.

Produk Taspen Proteksi Beasiswa juga menarik karena kebutuhan perencanaan dana pendidikan masih tinggi. Taspen Life membayarkan tepat sebelum anak-anak memasuki jenjang pendidikan yang ditempuh, sehingga dana tersebut dapat membantu kebutuhan biaya sekolah hingga kuliah.

Direktur Pemasaran Taspen Life, Arijanti Erfin menuturkan, meski pasar masih sangat luas, tapi persaingan semakin ketat karena masing-masing perusahaan ingin memenangkan pasar. Sebagai perusahaan yang terbilang baru (berusia 6 tahun), kinerja Taspen Life patut diapresiasi. Berdasarkan data perusahaan, selama kurun 5 tahun terakhir (2015-2019), Taspen Life mencatat rata-rata pertumbuhan tahunan untuk total aset sebesar 13,52%, premi sebesar 82,04%, dan hasil investasi sebesar 13,93%, dan rata-rata pertumbuhan tahunan laba bersih sebesar 9,20%.

\"Kami harus terus meningkatkan brand awareness, terus berinovasi, memberi layanan yang terbaik bagi peserta dan membuka kanal distribusi baru melalui kerja sama pemasaran dengan instansi-instansi,\" ungkapnya.

Sementara itu, Branch Manager Taspen KC Cirebon, Anne Roosfianti menambahkan, Taspen mempunyai program Top Up Tunjangan Hari Tua (Taspen Save) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN). Taspen Save menjadi tabungan pendamping THT Taspen karena pencairannya diterima bersamaan ketika ASN memasuki masa pensiun tanpa pengajuan berkas lagi ke Taspen Life. \"Cukup klaim Pensiun dan THT di Taspen, maka secara otomatis manfaat Taspen Save juga akan diterima,\" ungkapnya.

Taspen Save merupakan produk asuransi yang sifat kepesertaannya sukarela dari individu ASN dan dirancang khusus untuk ASN. Karena mengingat permintaan tinggi dari ASN terhadap peningkatan manfaat Program THT (Tabungan Hari Tua) yang dikelola oleh Taspen sendiri.

“Program Taspen Save ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ASN di saat mencapai Batas Usia Pensiun (BUP) dengan manfaat Top Up THT,” tukasnya. (apr/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: