Prediksi Puncak Pandemi Corona di Indonesia

Prediksi Puncak Pandemi Corona di Indonesia

JAKARTA - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya memprediksi puncak kasus positif Covid-19 di Indonesia akan terjadi pada awal Mei 2020 hingga awal Juni 2020. Estimasi pasien terpapar mencapai 95 ribu kasus.

“Kami telah kaji dan kombinasikan semua prediksi dan kami percaya puncak dari pandemi di Indonesia ini akan mulai terjadi di antara awal Mei 2020 hingga sekitar awal Juni 2020. Kasus selama masa puncak ini kumulatif 95 ribu kasus,” katanya.

Dia menjelaskan, prediksi tersebut diperoleh dari berbagai kajian para ahli dan lembaga ilmiah. Setelah masa puncak di awal Juni, kenaikan jumlah kasus positif akan mulai melandai.

“Periode Juni hingga Juli 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia diperkirakan mencapai 106 ribu kasus,” katanya.

Dikatakannya, pemerintah akan terus berupaya memutus rantai penularan virus corona baru agar jumlah positif tak mencapai angka yang diprediksikan. “Bagaimanapun kita percaya angka ini bukan angka yang sudah rigid. Kami terus menerapkan berbagai kebijakan agar jumlah kasus positif bisa lebih rendah dari yang diproyeksikan,” ujarnya.

Sementara itu, hingga kemarin Menkes Terawan Agus Putranto telah menetapkan PSBB untuk wilayah DKI Jakarta, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, serta Kota Pekanbaru di Provinsi Riau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: