Ke Luar Rumah, Jangan Lupa Pakai Masker

Ke Luar Rumah, Jangan Lupa Pakai Masker

CIREBON – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon dan petugas gabungan dari unsur TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan BPBD Kabupaten Cirebon membagikan sekitar 500 masker untuk para pengguna jalan dan warga di sekitar Pasar Sumber, kemarin (17/4).

Hal tersebut untuk membantu ketersediaan masker di masyarakat, sekaligus untuk meningkatkan kesadaran pentingnya penggunaan masker dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Juru Bicara Gugus Tugas, Nanang Ruhyana mengimbau masyarakat agar tetap menggunakan masker jika keluar rumah dan tetap menerapkan social distancing.

“Masyarakat diimbau untuk tetap menggunakan masker jika keluar rumah. Selain itu, penerapan social distancing juga harus terus dilakukan. Ini karena penyebaran virus ini melalui drop flat,” ujarnya.

Selain itu, jika tidak ada keperluan mendesak, masyarakat pun diimbau untuk tidak keluar rumah atau tetap berada di rumah jika tidak ada keperluan yang mendesak. Sehingga, meminimalisir potensi penyebaran virus corona.

“Kalau tidak perlu sekali, mending di rumah saja. Kecuali mendesak dan penting sekali,” imbuhnya.

Sementara, Kapolresta Cirebon Kombespol Syahdudi menuturkan, pembagian masker akan dilakukan secara rutin di sejumlah titik keramaian. \"Kita akan rutin lakukan giat seperti ini. Agar masyarakat semakin sadar pentingnya memakai masker saat ini,\" ucapnya.

Disinggung mengenai informasi apakah pengendara yang tidak mengenakan masker akan ditilang, pihaknya menegaskan sejauh ini hanya memberikan imbauan. Agar masyarakat selalu mengedepankan protokol kesehatan saat beraktivitas di luar.

Sementara itu, informasi mengenai adanya rencana penyekatan wilayah dibantah langsung oleh Kapolresta Cirebon. Pihaknya menegaskan tidak ada penyekatan melainkan penerapan pos tinjauan di beberapa titik untuk mememeriksa pendatang yang berasal dari luar Cirebon.

Dari pantauan Radar Cirebon, antusiasme masyarakat cukup tinggi dengan kegiatan tersebut. Masyarakat sendiri masih terpantau banyak yang tidak menggunakan masker dan langsung diberikan pengarahan agar selalu menggunakan masker jika keluar rumah.

Ridwan, salah seorang warga yang ditemui Radar Cirebon menuturkan, masyarakat di Kabupaten Cirebon saat ini masih belum terbiasa dengan penggunaan masker. Termasuk ia dan keluarganya, meskipun ada ancaman virus corona.

“Belum biasa pakai masker. Jadi, tadi gak pakai masker saat jalan naik motor. Tadi dikasih penjelasan soal bahaya virus ini. Insya Allah ke depan kami sekeluarga bakal pakai masker kalau keluar rumah,” ungkapnya. (dri/imi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: