Tips Mencuci dan Menjaga Kebersihan Masker Kain

Tips Mencuci dan Menjaga Kebersihan Masker Kain

Gunakan Air Hangat saat Mencuci

Golian menyarankan untuk mencuci masker menggunakan air hangat dengan suhu yang bisa ditoleransi oleh bahan bahan masker kain yang Anda miliki. Sementara menurut Mariov, penting untuk mengingat standar aturan yang ditetapkan oleh WHO.

\"Temperatur harus setidaknya 140 derajat Fahrenheit (60 derajat Celcius). Kami tidak memiliki studi tentang SARS-CoV-2, tetapi SARS-CoV-1 yang sama mati dengan cepat pada suhu di atas 60,\" kata Marinov.

Cuci dengan Tangan jika Tidak Memiliki Mesin Cuci

Menggunakan mesin cuci untuk mencuci masker adalah ide yang bagus karena bisa mengoptimalkan proses pencucian. Namun jika Anda tidak memiliki akses ke mesin cuci, maka Anda bisa mencucinya menggunakan tangan. Selain itu jika terpaksa, Anda juga bisa menggunakan sabun, bukan deterjen. Gosok masker dengan tangan setidaknya selama 20 detik dengan menggunakan air hangat.

Setrika Masker

Untuk mensterilkan masker kain yang dimiliki, Marinov menyarankan untuk menyetrika atau meletakkan masker dalam oven selama 20 menit. Gunakan suhu sekitar 160 derajat Fahrenheit atau 71 derajat Celcius. Pastikan Anda selalu mengeringkan masker yang Anda miliki setelah mencucinya.

Perlu diingat bahwa masker kain tidak sepenuhnya dirancang untuk menyaring virus berukuran nanometer seperti virus Corona. Namun akan lebih baik untuk menggunakannya daripada tidak sama sekali. Oleh karena itu penting untuk mengoptimalkan kinerja masker kain dengan selalu rutin mencucinya untuk menjaga kebersihan masker. (vio/eny/dtc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: