Peduli Nelayan, PPN Kejawanan Bagikan 440 Paket Sembako

Peduli Nelayan, PPN Kejawanan Bagikan 440 Paket Sembako

CIREBON - Bertepatan dengan Hari Kartini, 21 April 2020, PPN Kejawanan, Kota Cirebon menggelar bhakti sosial sebagai rangkaian dari program peduli nelayan, Selasa (21/4).

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Zulficar Mochtar mengatakan bahwa Covid-19 telah memberikan dampak yang sangat luas. Bukan hanya kesehatan, kini menyentuh sektor ekonomi kelautan dan perikanan.

\"Dari sisi produksi di berbagai wilayah ditemukan bahwa volume masih cukup menjanjikan. Namun ada beberapa kendala di sntaranya perbekalan, khususnya ketersediaan sembako, proses distribusi, produksi yang tidak terserap dan terjadi penurunan harga. Sehingga perlu dukungan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan berbagai masalah yang muncul,\" katanya.

Zulficar Mochtar mengimbau untuk mengoptimalkan pemanfaatan cold storage dalam upaya menampung produksi yang tidak terserap di pasar. 

Diungkapkan Zulficar, KKP telah berkoordinasi dengan berbagai instansi untuk menangani dampak Covid-19. Setiap Pelabuhan Perikanan UPT Pusat dan Pelabuhan Perikanan Perintis untuk melakukan bakti sehat, bakti sosial dan bakti usaha.

\"Bakti Sehat yaitu menjalankan protokol kesehatan seperti mengukur suhu tubuh dan menggunakan masker. Bakti sosial, yaitu bersama-sama bergotong-royong agar distribusi bantuan sembako sampai ke masyarakat yang terdampak. Bakti usaha, diakukan fasilitasi pendanaan sehingga nelayan bisa mengakses permodalan dan adanya kemudahan dalam hal perizinan,\" ungkapnya.

Sementara iru, Kepala PPN Kejawanan, Bagus Oktori Sutrisno menuturkan, Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap melalui PPN Kejawanan dipercaya oleh para pemilik kapal dan investor untuk mendistribusikan sembako sebanyak 440 paket. Paket dibagikan kepada para nelayan dan masyarakat pesisir di sekitar PPN Kejawanan yang paling terdampak covid-19.

\"Kegiatan bakti sosial ini sengaja dilkaksanakan tanggal 21 April dengan harapan Habis Gelap terbitlah Terang, sehingga kita tetap semangat dalam menyongsong bulan suci Ramadan dan menjalani puasa dengan lebih khusyu,\" ucap Kepala PPN Kejawanan, Bagus Oktori Sutrisno.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah pejabat dari Dinas Pangan, Pertanian, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kota Cirebon, Kecamatan Lemahwungkuk, Lurah Pegambiran, Kepolisian Sektor KPC, Kepolisian Sektor Lemahwungkuk, Satgas Keamanan Terpadu, Forum Lingkungan Hidup dan Budaya Nuswantara, Laskar Macan Ali serta Koordinator dan pengurus pemilik kapal. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: