Selama Tiga Bulan, Warga Terdampak Dapat Rp200 Ribu Disalurkan lewat Kantor Pos

Selama Tiga Bulan, Warga Terdampak Dapat Rp200 Ribu Disalurkan lewat Kantor Pos

CIREBON- Warga Kota Cirebon khususnya yang terdampak secara ekonomi karena virus corona akan mendapatkan bantuan dalam waktu dekat. Pemkot Cirebon telah menyiapkan bantuan sebesar Rp200 ribu untuk warga miskin baru (Misbar) dan Rp600 ribu untuk pedagang.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSP3A), Iing Daiman MSi menyebutkan bantuan itu akan disalurkan Dinsos dalam waktu dekat untuk warga miskin yang terdampak covid-19.

“Bagi warga miskin, masing-masing Rp200 ribu dan penyalurannya melalu kantor pos,” ujarnya.

Uang bantuan itu, lanjut dia, akan diberikan selama tiga bulan, sejak Apri hingga Juni. “Silakan dibelanjakan sesuai kebutuhan,” imbuhnya.

Bantuan Rp200 ribu itu akan dibagikan kepada 5.375 kepala rumah tangga sosial. Selain Dinas Sosial, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM akan menyalurkan bantuan Rp600 ribu untuk usaha bagi 3.200 rumah tangga sasaran. Bantuan itu, kata Iing, ditujukan untuk usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) serta PKL.

“Masing-masing mendapatkan Rp600 ribu selama tiga bulan, dan pengambilannya melalui kantor pos,” jelasnya.

Selain itu, Iing membeberkan, Dinas Kelautan, Pertanian dan Perikanan juga memberikan bantuan untuk 2.200 kepala rumah tangga dalam bentuk 15 kg per bulan, yang dikirim via pos. Termasuk Dinas Tenaga Kerja yang kemungkinan akan memberikan fresh money untuk pekerja terdampak. Namun saja untuk besaran, pihaknya masih belum mengetahui secara pasti.

Terpisah kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, drh Maharani Dewi MM menjelaskan, DPKUKM sedang mendata UMKM, IKM dan PKL yang terdampak covid 19 untuk diajukan bantuan Jaring Pengaman Ekonomi berupa bantuan modal usaha. Mengenai besaran dan jumlah sasaran, Maharani mengaku masih dalam proses pembahasan. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: