SDN 3 Kiajaran Kulon Rusak Parah, Plafon Jebol, Kusen Keropos dan Bangunan Retak-retak

SDN 3 Kiajaran Kulon Rusak Parah, Plafon Jebol, Kusen Keropos dan Bangunan Retak-retak

INDRAMAYU-Kondisi bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Kiajaran Kulon Kecamatan Lohbener Kabupaten Indramayu nyaris ambruk. Pantauan di lapangan, atap plafon tampak jebol, kusen pintu dan penyangga bangunan keropos serta tembok retak karena belum pernah tersentuh perbaikan.

Bahkan, kegiatan belakar mengajar (KBM) terpaksa diliburkan jika terjadi hujan. Guru dan siswa sangat khawatir jika tiba-tiba bangunan roboh dan mengenai  bagian tubuh mereka. Sebab, sebelumnya ada dua siswa yang sedang belajar, tertimpa runtuhan plafon.

“Ada dua orang korban yang kepalanya tertimpa platfon yang jebol. Namun untungya mereka masih bisa diselamatkan,” jelas Kepala UPTD SDN 3 Kiajaran Kulon Dulhanan SPd di ruang kerjanya, Rabu (22/4).

Dulhanan menyatakan, pihak sekolah beserta wali murid memohon perhatian kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu, agar segera membangun sekolah yang kondisinya nyaris ambruk tersebut. “Kami sudah lama mengajukan proposal permohonan perbaikan gedung ini agar kembali berfungsi dengan baik. Pengajuan sudah 2 tahun berturut-turut namun belum ada tindak lanjut dari dinas terkait,” tegasnya.

Dulhanan mengaku bingung dengan kondisi bangunan rusak parah tetapi belum juga diperhatikan. Sedangkan, lanjutnya, mayoritas warga lingkungan sekitar adalah buruh tani dan pekerja serabutan. Sehingga, kata Dulhanan, pihaknya tidak memungkinkan untuk memungut dana swadaya dari masyarakat untuk memperbaiki, apalagi membangun kembali gedung sekolah yang baru.

“Jika bangunan tidak layak ini terus dibiarkan begitu saja tanpa adanya empati dari pemerintah, maka suasana KBM terasa mencekam serta tidak akan pernah kondusif,” pungkasnya. (oni/jml-mg)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: